Hotline : ‎0811 9720 2000 info@codeva.co.id
Select Page

Adsense Adalah – Dengan semakin berkembangnya dunia internet saat ini maka tentu saja akan membuka banyak peluang orang-orang untuk bisa menghasilkan uang hanya dari internet. Salah satu cara yang paling populer adalah dengan bergabung dengan Google Adsense.

Beberapa dari kalian mungkin tidak familiar dengan salah satu istilah apa itu Google Adsense. Sebenarnya Google Adsense adalah sebuah layanan suatu program atau sebuah layanan jasa periklanan dibawah naungan dan pengelolaan pihak Google. Semua pemilik blog, atau website yang ada di seluruh dunia bisa menggunakan Google Adsense.

Setelah kalian memiliki blog kalian bisa mendaftarkan diri kalian ke Google Adsense dan apabila pendaftaran yang kalian minta sudah disetujui oleh pihak Google Adsense maka kalian sebagai pemilik blog tersebut dapat menampilkan berbagai macam iklan yang ada di dalam blog kalian.

Iklan yang nantinya akan ditampilkan oleh pihak Google Adsense juga beragam, mulai dari ideo, foto, gambar, atau bahkan hanya sekedar teks biasa. Iklan tersebut nantinya akan diatur oleh pihak Google yang kemudian akan menjadi pundi-pundi uang untuk kalian. Nantinya Google Adsense akan menghitung berapa banyak klik yang dihasilkan dari iklan tersebut atau per seribu impresi.

Dengan semakin meluasnya dunia internet saat ini maka akan membuka banyak peluang yang dapat menghasilkan uang hanya dari internet. Nah salah satu ara tersebut adalah dengan bergabung dengan Google Adsense, nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Google Adsense maka kalian bisa mempelajari lebih lanjut mengenai Google Adsense di artikel ini.

Sejarah Google Adsense

adsense
Google Adsense muncul setelah pihak Google melakukan suatu bentuk akuisisi mengenai pyra Labs, di bulan februari 2003, tidak lama setelah itu di tanggal 4 februari akhirnya chairman dan juga EO dari Google mengumumkan dengan adanya kemunculan layanan iklan yaitu Google Adsense.

Setelah itu google mengambil teknologi yang berasal dari Applied Semantis agar bisa memaksimalkan kinerja Adsense. Di Tanggal 1 Februari 2012 Google Adsense akhirnya mensupport penuh bahasa Indonesia.

Setelah sebelumnya hanya mensupport untuk bahasa yang ada di negara Eropa, Timur Tengah, dan negara Thailand. Saat ini juga Adsense memiliki 2 akun yaitu ersi Adsense hosted untuk pengguna YouTube dan Adsense non hosted yang digunakan untuk penggunaan website.

Adsense Adalah Bentuk Iklan yang Dikeluarkan Oleh Google

cara daftar google adsense

Google Adsense adalah suatu program yang menggunakan teknik advertising atau periklanan yang nantinya akan memperbolehkan seorang pemilik website akan mendapatkan uang dari beberapa konten online yang akan ditampilkan.

Dan dipilihkan oleh pihak Google. Adsense adalah bentuk iklan yang dikeluarkan Google dengan bentuk gambar, teks, atau bentuk iklan lainnya yang dapat ditayangkan secara berulang-ulang. Tujuan utama dari Google Adsense adalah untuk membantu para pemasang iklan dan juga para pemilik akun blog.

Atau suatu website agar bisa mendapatkan pemasukan, selain itu juga dengan menggunakan Google Adsense maka orang tersebut juga akan mendapatkan keuntungan berupa uang dengan menggunakan dua teknik lainnya yaitu :

* Per-Impression, jenis tersebut pembayarannya sangat bergantung dengan jumlah halaman pengunjung yang kalian dapatkan setiap bulannya.

* Per-click, yaitu pembayaran yang dilakukan tergantung dengan jumlah orang yang mengklik iklan tersebut dari blog atau website yang sudah dicantumkan oleh Google. Dan para pemilik website atau blog tersebut tidak bisa mengklik iklan kalian sendiri.

Karena hal tersebut dapat menjadi suatu pelanggaran yang akan berakibat Google Adsense tidak akan memberikan kalian peluang lagi untuk bisa mengikuti program dari Google. Dan kedua cara tersebut lah yang paling sering digunakan oleh orang-orang untuk mendapatkan iklan atau Google Adsense.

Mengapa Semua Orang Dapat Membuat Google Adsense?

apa itu adsense
Adsense adalah salah satu teknik untuk mendapatkan uang dengan sangat mudah hanya dengan mengandalkan sebuah jaringan internet. Kalian juga tentu saja tidak perlu khawatir karena di dalam Google Adsense sebuah jaringan yang memiliki bentuk kontekstual, dalam artian Google Adsense akan menyesuaikan dengan konten apa yang ada di dalam artikel kalian.

Misalnya jika di dalam artikel kalian berisi konten mengenai makanan maka iklan yang akan ditampilkan juga tidak akan jauh dari isi konten yang kalian miliki, misalnya adalah salah satu merek makanan, dan lain sebagainya

Google Adsense akan menampilkan iklan tersebut dengan menggunakan sebuah metode cookie, dengan begitu Google Adsense akan memilih beberapa iklan yang dengan berdasarkan search history para pengunjung website kalian. Metode tersebut dapat membantu kalian dalam meningkatkan ads lebih tertarget atau nantinya akan mendorong semua tingkat konversi yang akan semakin tinggi.

Nah selanjutnya masih banyak lagi alasan lainnya mengapa kalian harus menggunakan Google Adsense agar bisa menghasilkan banyak uang :

* Mudah Untuk Digunakan

Setelah kalian sudah mendapatkan beberapa persetujuan agar bisa menggunakan Google Adsense, selanjutnya kalian harus menambahkan sebuah kode di dalam file theme, dan iklan tersebut nantinya akan berjalan dengan sendirinya di dalam blog yang kalian miliki.

* Dikenal Oleh Google

Google Adsense adalah salah satu program iklan yang sangat terkenal yang saat ini beredar di internet. Dan kalian perlu mengingat bahwa dengan adanya Adsense maka tidak semua jenis blog akan diterima oleh Google Adsense.

Google Adsense tidak akan segan untuk menolak website yang menurutnya masih belum bagus, dan harus diperbaiki lebih baik lagi. Apabila Google Adsense sudah memproses registrasi yang kalian ajukan maka Google sudah menilai bahwa website kalian layak untuk memenuhi standar iklan yang sudah ditentukan.

* Satu Akun Digunakan Untuk Beberapa Website

Dengan memiliki banyak jaringan yang di dalamnya meminta kalian agar bisa menginput isi website secara individu atau bahkan dengan menggunakan cara manual.

Setelah selesai kalian bisa memulai dengan menaruh iklan yang ada di dalam website kalian. Dengan menggunakan Adsense, apabila pihak Google sudah menerima maka kalian bisa memasukkan iklan ke dalam banyak website yang kalian miliki dengan memperhitungkan syarat yang dimiliki oleh Adsense. Kalian juga tidak perlu memiliki banyak akun website atau suatu blog yang berbeda-beda.

* Forum Support

Tidak seperti platform iklan lainnya, Google Adsense adalah salah satu platform iklan yang jangkauannya sangat luas, Adsense juga memiliki kategori pengiklanan, dan juga memiliki website yang sangat luas.

Adsense memiliki beberapa forum khusus yang digunakan untuk support dimana kalian dapat menemukan berbagai tutorial, dan juga banyak cara atau panduan bagaimana cara penggunaan Adsense.

* Pembayaran Yang Mudah

Kalian tidak perlu mengenai pembayaran yang nantinya akan dibayarkan oleh Google Adsense karena, kemungkinan besar kalian tidak akan menemukan masalah saat kalian mencoba mengambil pembayaran yang kalian dapatkan dari Google Adsense.

Cara Daftar Google Adsense


1. Kunjungi website Google Adsense resmi https://ads.google.com/intl/en_id/getstarted/ , setelah itu masukkan data pribadi yang diminta oleh pihak Google Adsense dengan selengkap mungkin.

tips daftar adsense
2. Masukkan URL Website yang kalian miliki, setelah itu masukkan juga alamat email, dan selanjutnya kalian bisa memilih apakah kalian ingin mendapatkan bantuan dari Google Adsense, setelah selesai kalian hanya tinggal mengklik Save dan Continue.

SignUp Google AdSense

3. Setelah kalian selesai mengisi berbagai data yang sudah diminta, setelah itu Google akan memastikan bahwa URL atau website yang kalian miliki dan info tersebut sudah terisi dengan benar, dan sesuai, kalian bisa memilih negara asal kalian, dan jangan lupa untuk menentang Yes, I have read and accept the agreement, dan lanjut untuk langsung mengklik Create Account.

Informasi-Detail-Anda-Google-AdSense

4. Input data detail alamat pembayaran yang akan kalian gunakan untuk menerima hasil iklan yang dihasilkan oleh iklan nantinya, isi data tersebut dengan lengkap dan jangan sampai ada yang terlewat.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan kode ke HTML website Anda sebelum AdSense Anda bisa berjalan.

 

Cara Memasukkan Kode Verifikasi Google Adsense Ke Dalam WordPress

Kode verifikasi Adsense dapat dimasukkan ke dalam bagian “head” dari website WordPress yang kalian miliki. Terdapat beberapa cara yang dapat kalian lakukan yaitu dengan menggunakan Plugin, dan memasukkan kode Plugin kalian dengan cara yang manual header website atau menggunakan cara Widget.

Cara Memasukkan Ke Dalam Plugin

Kalian harus menginstall dan juga mengaktifkan plugin Insert Headers dan juga Footer. Dengan menggunakan Plugin maka akan membantu kalian untuk memasukkan Script dengan mudah dengan menggunakan kode verifikasi Google Adsense, dan juga Google Analytics ke dalam header website WordPress.

Selain itu juga kalian bisa memasukkan sebuah skrip kode verifikasi lainnya. Insert-Header-and-Footer-Plugin-Google-AdSense

Setelah kalian selesai mengaktifkan plugin maka selanjutnya kalian dapat memilih pilihan setting di bagian layar kiri, klik Insert Headers and Footers.

Setelah itu kalian bisa langsung memasukkan kode verifikasi kalian ke dalam Google Adsense di bagian kotak bagian atas. Klik Save, dan setelah itu akan muncul kode verifikasi Google Adsense yang sudah masuk.

Cara Memasukkan Kode Verifikasi Google Adsense Menggunakan Widgets

cara memaskan adsense ke widget

Pertama kalian bisa memilih Appearance setelah itu pilih Widget di dalam dashboard WordPress yang kalian miliki. Setelah itu kalian pilih widget Custom HTML, dan masukkan kode Google Adsense yang kalian miliki. Google-AdSense-Widget-WordPress

Cara Memasukkan Kode Verifikasi Ke Blog

Pertama kalian bisa langsung masuk atau sign in ke dalam akun Blog, dan dibagian kiri atas kalian bisa langsung mengklik tanda panah bawah, selanjutnya, kalian langsung bisa memilih blog mana yang ingin kalian daftarkan ke dalam Google Adsense, setelah itu di layar kiri, kalian bisa langsung mengklik Earnings, lalu klik Sign Up For Adsense.

Namun jika kalian tidak menemukan tombol apapun di dalam menu tersebut maka sudah dipastikan bahwa blog yang kalian miliki tidak masuk dalam kualifikasi Google Adsense. Setelah itu kalian bisa langsung mengisi formulir dengan menggunakan akun Google.

Cara Memasukkan Google Adsense Ke Website

Setelah website yang kalian sudah diterima oleh pihak Google AdSense maka kalian akan lebih mudah untuk memasukkan Google Adsense tersebut ke dalam website kalian.

Cara untuk memasukkan Google Adsense ke website juga cukup mudah yaitu diantaranya pertama-tama kalian bisa langsung mengakses dashboard Adsense yang kalian miliki, dan klik “My Ads” yang ada di bagian atas menu, setelah itu kalian bisa langsung mengklik New Add Unit.

Setelah itu atur semua settingan ads yang kalian miliki, hal tersebut penting karena dengan begitu mereka dapat membantu mengkostumisasi iklan yang kalian miliki, dan menjadikan hal tersebut sangat cocok untuk mendesain website kalian.

Namun sebelumnya kalian harus mengisi terlebih dahulu nama Ad kalian yang unik agar tidak sulit saat mengelola ad yang ada di kemudian hari. Gunakan Ad size yang akan sangat penting dan akan mempengaruhi tampilan website yang kalian miliki.

Selain itu kalian juga direkomendasikan untuk bisa memilih tampilan website Responsive agar nantinya iklan tersebut dapat dioptimalisasikan ke dalam berbagai jenis device.

Klik save dan Get Code, kode Adsense tersebut akan muncul dan juga akan terlihat seperti terdapat beberapa kode verifikasi Google Adsense yang kalian miliki. Kalian juga bisa langsung memasukkan kode Ads tersebut dengan melalui Widget Custom HTML.

Cara Mengatur Pembayaran Google Adsense

Pembayaran tersebut sangat tergantung dengan alamat yang kalian masukkan ke dalam adsense, terdapat beberapa pilihan pembayaran yang dapat kalian gunakan, namun untuk di negara Indonesia sendiri banyak orang yang menggunakan pilihan dengan menggunakan metode Western Union, di bawah ini adalah beberapa cara untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan Western Union :

* Sign in ke akun Google Adsense

* Klik Setting di bagian panel navigasi

* Lalu kalian bisa langsung mengklik Payment

* Lalu klik Manage Payment Methods, lalu klik Add Payment Method

* Setelah itu di bagian Add Payment Method kalian bisa langsung memilih Western Union Quick Cash, Verifikasi bahwa data dari penerima sudah benar

* Langsung kalian klik Save.

Kalian juga harus memastikan bahwa nama yang kalian cantumkan saat melakukan pengisian data pembayaran Western Union sama dengan data yang ada di dalam kartu tanda pengenal kalian.

Setelah kalian memasukkan data tersebut kalian bisa langsung mengecek status pembayaran yang ada di Google Adsense. Kalian bisa mengecek langsung dari akun Google di menu Setting – Payments, lalu kalian bisa mengklik View Transactions. Nah kalian akan secara langsung bisa melihat pembayaran yang akan masuk ke dalam akun Google Adsense kalian.

Kalian bisa langsung mengeceknya dengan mengklik setting – payments lalu kalian bisa langsung mengklik View Transactions. Nah disitu kalian bisa melihat rincian status pembayaran yang Google Adsense hasilkan.

Dibagian tersebut kalian juga bisa melihat detail dengan mengklik transaksi yang ingin kalian lihat dengan lebih detail. Setelah itu juga jangan lupa untuk mencatat informasi yang dimiliki terutama nomor dari Western Union MTCN karena hal tersebut adalah salah satu kode yang valid bagi penerimaan uang yang akan kalian terima.

Tips Agar Website Kalian Diterima oleh Google Adsense

Setelah mengetahui bagaimana cara daftar Google Adsense maka sekarang kalian harus mengetahui bagaimana cara atau tips agar bisa diterima di Google Adsense, karena Google Adsense tidak sembarangan menerima berbagai website atau blog yang akan menjadi platform iklan :

* Umur

Google Adsense hanya menerima pengguna yang berusia diatas 18 tahun, nah jika kalian belum memiliki cukup umur, kalian mungkin bisa menggunakan data orang tua atau wali kalian, hal tersebut nantinya akan berkaitan dengan pembayaran Google ke akun milik kalian.

* Kualitas Konten

Google adalah salah satu platform yang sangat ketat penggunaannya jadi pihak Google Adsense juga tidak akan menerima para blog yang menggunakan banyak konten duplikasi atau biasa disebut dengan konten curian.

Google akan mencari banyak konten yang memiliki kualitas tinggi yang belum pernah ada dipasaran atau belum pernah dipublikasikan di internet atau dimanapun. Nah salah satu kriteria dari konten yang berkualitas tersebut adalah konten yang memiliki informasi berguna, dan baru kepada para pengguna atau pembacanya.

* Membuat Halaman About, Contact, dan Privacy Policy

Apabila kalian ingin membuat suatu website yang dapat menghasilkan banyak pendapatan dari Google Adsense maka kalian juga harus serius untuk membuat website tersebut agar terlihat lebih profesional.

Maka kalian juga harus menyertakan menu atau opsi untuk About, Contact, dan juga Privacy Policy hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar website yang kalian miliki terlihat sangat professional.

* Menampilkan Informasi yang Lengkap

Setelah itu juga kalian disarankan untuk menyertakan email address kalian di dalam website kalian. Kontak tersebut dapat kalian cantumkan di halaman about us, atau contact.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk membantu tim Google Adsense mengkonfirmasi apakah informasi yang diberikan benar adanya setelah kalian mendaftarkan diri kalian untuk penggunaan Google Adsense, dan memastikan bahwa website yang kalian bukanlah sebuah website bots atau website spam.

* Periksa Kembali Konten Website

Ya hal tersebut sangat penting untuk dilakukan karena konten website yang kalian miliki tidak boleh mengandung hal-hal yang melanggar persyaratan dari Google Adsense. Beberapa konten tersebut diantaranya adalah pornografi.

Konten yang bersifat bajakan, tutorial menghacking sesuatu, konten mengenai penggunaan obat-obatan yang terlarang, konten yang bersifat suatu hal illegal.

Jika website kalian mengandung salah satu unsur tersebut maka kalian tidak tidak akan pernah mendapatkan izin iklan dari Google Adsense maka dari itu kalian harus memperhatikan dengan cermat konten apa yang kalian upload, dan juga detail lainnya.

×