Hotline : ‎0811 9720 2000 info@codeva.co.id
Select Page

Bahasa Pemrograman – Peranan teknologi dalam kehidupan manusia sangatlah penting. Teknologi membantu berbagai macam pekerjaan manusia di seluruh dunia. Hampir seluruh jenis pekerjaan memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu yang efektif dan efisien. Bagaimana teknologi bisa membantu manusia yang bekerja bukan hanya sekedar mesin saja? Rahasianya adalah pemrograman yang digunakan di dalamnya.

Sebuah program diciptakan oleh para ahlinya yang menciptakan teknologi tersebut. Dimana untuk mengatur program tersebut dikenal sebagai bahasa pemrograman. Bahasa yang digunakan berbeda dengan bahasa lisan seperti yang kita gunakan. Ada banyak sekali macamnya yang dipelajari dalam ilmu komputer dan teknologi.

Apabila dilihat dari pengertiannya, pemrograman sendiri berarti proses membuat tulisan, menguji dan perbaikan hingga pemeliharaan kode yang membangun sebuah program. Apa tujuan dari pemrograman? Fungsinya adalah untuk membuat perhitungan yaitu pekerjaan sesuai keinginan dari pembuatan program dan pengguna nantinya. Misalnya saja program komputer, di dalamnya terdapat rangkaian instruksi yang nantinya dapat digunakan secara spesifik.

Pengertian Bahasa Pemrograman

Tanpa adanya program maka sebuah komputer tidak akan bekerja, dimana letaknya terdapat dalam prosesor. Prosesor merupakan model pengeksekusian yang nantinya akan dieksekusi oleh komputer. Dimana sebuah program memiliki format kode yang bisa dibaca manusia. Fungsinya adalah sebagai kode sumber yang nantinya dapat dianalisis, ditelaah dalam bentuk algoritma dan nantinya digunakan dalam program.

Jadi bahasa pemrograman akan menjalankan kode sumber dengan bantuan interpreter. Pemrograman yang menggunakan lebih dari satu algoritma akan saling berhubungan dan membutuhkan bahasa pemrograman untuk saling mendukung. Gaya ini disebut juga sebagai paradigma pemrograman.

Apabila dilihat dari pengertiannya, bahasa pemrograman sendiri memiliki fungsi untuk membuat instruksi mesin dalam bentuk komputer. Sehingga pengolahan data dapat dilakukan sesuai dengan kode program yang telah diterapkan. Kode ini akan diatur sesuai dengan kebutuhan pengguna atau penciptanya yaitu programer.

Ada dua faktor penting dalam bahasa pemrograman yaitu sintaks dan semantik. Dimana sintak memiliki tujuan untuk mengatur penulisan kata, pernyataan hingga ekspresi. Semantik merupakan aturan yang gunanya menyatakan sebuah arti. Instruksi dalam bentuk bahasa pemrograman bisa diatur menjadi fungsi tertentu atau fungsi standar.

Secara lebih luas lagi, bahasa pemrograman tidak hanya digunakan dalam bentuk komputer saja. Contohnya untuk mengatur lampu lalu lintas, sehingga warna lampu merah, kuning, hijau akan bergantian menyala sesuai dengan jeda waktu yang telah diprogramkan.

Mengenal Jenis-Jenis Bahasa Pemrograman Hingga Fungsinya

bahasa pemrograman komputer
Setelah memahami pengertian dan fungsinya dalam teknologi, bukankah peranannya sangat penting? Tanpa adanya bahasa dalam pemrograman yang dijalankan, teknologi tidak ada artinya. Manusia pun tidak bisa menikmati keuntungan dari efektivitas penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

Mengenali lebih jauh tentang bahasa pemrograman, maka ada banyak jenis yang bisa dipelajari. Jenis-jenis bahasa berikut ini yang paling sering digunakan oleh programer. Apa saja itu? Berikut ini daftar dan pengertiannya.

1. JAVA

Jenis bahasa yang pertama kali keluar dan banyak digunakan adalah Java. Bahasa ini seringkali digunakan pada aplikasi di komputer dan juga handphone hingga smartphone Apa yang menjadikan Java banyak digunakan? Alasannya adalah bahasa ini paling mudah digunakan dan juga dipelajari oleh programer pemula.

Dikembangkan oleh SUN Microsystem di era 90an, namanya berasal dari kopi Indonesia di Jawa. Hal ini terlihat dari lambang program Java berupa kopi diseduh.

Hak paten dari Java dimiliki oleh Oracle dan hingga saat ini masih terus dikembangkan. Ada beberapa aplikasi yang menggunakan Java seperti hp non OS, hp OS seperti Android, dan komputer. Ketika digunakan, Java bisa membaca sistem operasi dari software lainnya. Selain itu pasarnya yang luas membuatnya banyak digunakan.

Baca Juga  Bingung Pilih Kursus Web Master Serpong? Codeva Solusinya

2. Visual Basic

Bahasa ini dikenal sebagai Microsoft Visual Basic, sesuai dengan namanya bahasa ini dikembangkan oleh Microsoft. Bahasa pemrograman ini diciptakan satu paket dengan Microsoft Visual Studio yang dijalankan dalam Windows. Sangat berbeda dengan Java, visual basic memiliki sifat multiplatform dalam Windows saja. Sebagai bahasa pemrograman yang terkenal di dunia, jika menggunakan dalam mode standar saja sudah bisa mendapatkan aplikasi dengan visualisasi menarik.

Penggunaannya lebih spesifik seperti kalkulator, program absensi, akuntansi dan juga beberapa haneis game.

3. PHP

Kepanjangannya adalah PHP Hypertext Preprocessor merupakan yang paling banyak digunakan. Kepopulerannya terdapat di kalangan pengembang situs internet karena memang pengembangannya dilakukan dalam jaringan internet.

Misalnya saja ketika hendak membuat website maka PHP akan mengintegrasikan manajemen base data ke dalam situs.
Semua pengembangan website pasti menggunakan PHP.

Hingga saat ini, situs besar seperti Facebook dan WordPress menggunakan PHP. Diciptakan dan dikembangan oleh Rasmus Lerdorf di tahun 1995. Keunggulan dari PHP adalah gratis dan tetap gratis ketika hendak mengeditnya. Adanya fitur server side scripting membuat PHP dapat membuat website yang dinamis.

4. C Programming

fungsi bahasa pemrograman

Merupakan bahasa pemrograman yang tertua di dunia, mulai dikembangkan tahun 70an. Dibuat oleh Dennis Ritchies dan menjadi cikal bakal dari Java, C++, dll. Di perguruan tinggi jurusan IT, bahasa pemrograman ini akan dipelajari pertama kali.

Karena merupakan dasar dari pemrograman lainnya, maka kini C programming tidak lagi digunakan di masyarakat. Fungsinya adalah sebagai pembelajaran sehingga mempermudah untuk mempelajari tingkatan bahasa pemrograman yang terbaru.

5. C++

Bahasa ini diciptakan setelah C Programming dan berfungsi untuk menyempurnakannya. Kode penulisan yang digunakan hampir mirip, hanya saja tidak dalam penyelesaian masalahnya.

Jika C programming cara menyelesaikan masalah adalah dengan membagi ke dalam sub-sub masalah. Maka C++ mengandalkan metode pemecahan masalah dengan pembagianya dalam kelas tertentu. Inilah yang membedakan keduanya sehingga proses pemecahan masalah pun lebih cepat dilakukan.

C++ hingga saat ini masih digunakan bahkan Adobe juga masih menggunakannya untuk mengembangkan aplikasi baru sebagai dasarnya. Sedangkan untuk browser di internet yang masih menggunakan C++ adalah Mozilla Firefox.

6. Python

Termasuk dalam bahasa pemrograman yang lebih sederhana sama seperti Java. Walaupun sederhana, fungsinya memiliki tingkatan yang lebih tinggi. Komunikasi antara manusia dengan mesin akan berjalan lebih lancar jika menggunakan python. Memiliki kemampuan multifungsi ketika membuat aplikasi dalam berbagai platform dan web based.

Banyak perusahaan raksasa yang menggunakan python seperti Google, Yahoo, Instagram dan juga Pinterest.

Para pengembang dari NASA juga menggunakan python sebagai dasar pemrograman mereka. Satu lagi yang menunjukan bahwa python merupakan bahasa pemrograman yang mudah digunakan untuk macam-macam aplikasi.

7. JavaScript

Jika Java memiliki fokus untuk mengembangkan aplikasi berbasis OS dan non OS maka JavaScript digunakan untuk website. Saat ini banyak website yang menggunakan JavaScript menjadi bahasa yang utama. Hal ini disebabkan oleh pengembangnya adalah Netscape, sebuah perusahaan yang memiliki sejarah panjang dalam dunia internet.

Keunggulan dari JavaScript adalah pengembangan yang mudah dan memberikan tampilan menarik yang interaktif. Berbagai macam kreasi bisa diciptakan ketika menggunakan JavaScript.

×