Hotline : ‎0811 9720 2000 info@codeva.co.id
Select Page

Belajar PHP – Bahasa php adalah salah satu yang paling populer dan sering digunakan oleh para developer guna mengembangkan website programnya. Sebenarnya menggunakan bahasa pemrograman php tersebut sangatlah mudah, asalkan kita mempunyai niat untuk belajar php dengan sungguh-sungguh.

Dengan adanya php kita bisa mengembangkan website yang akan kita kelola dengan lebih fleksibel dan juga lebih dinamis, bahasa php juga mendukung bahasa dari pemrograman website lain seperti contohnya adalah MySQL, dan lain sebagainya.

Php merupakan bahasa pemrograman yang dapat membuat halaman situs kalian diatur dan juga diolah dengan baik. Di dalam artikel ini kalian akan belajar php dengan mudah. Apabila kalian adalah seorang pemula, jangan takut untuk belajar php, memang pada umumnya saat orang lain mendengar kata “bahasa pemrograman”,

orang lain akan memberi stigma bahwa hal tersebut adalah salah satu hal yang sangat rumit untuk dipelajari, namun pada nyatanya apabila kalian sangat bersungguh-sungguh untuk belajar, maka kesulitan tersebut pun akan berubah menjadi salah satu pengalaman yang mengasyikkan.

Apabila kalian mulai untuk mengetahui pengenalan apa itu php, mengerti apa tujuan dari bahasa pemrograman php, dan akhirnya mempunyai semangat untuk belajar php dengan lebih mendalam.

Apa itu PHP?

apa itu php
PHP merupakan singkatan dari Hypertext Preprocessor, di awal kemunculan di tahun 1994, ini merupakan script yang ada di dalam server dan sudah menyatu dengan HTML alias Hypertext Markup Language.

Maka jika nantinya fungsi HTML tersebut adalah membuat suatu tampilan di dalam website, maka nantinya PHP juga membuat tampilan, namun bentuknya sangat khusus karena di dalamnya terdapat data yang diatur secara dinamis.

Baca Juga  Apa Itu SEO dan Bagaimana Cara Kerjanya? Ini Jawabannya

PHP juga sudah mempunyai perkembangan yang sangat pesat dan cepat. Maka hal tersebut ditandai dengan adanya rilis dari banyak versi PHP, dan juga banyaknya PHP Framework yang sudah di kembangkan, seperti halnya Laravel yang sudah kami bahas di dalam artikel sebelumnya.

Teori Dasar Mengenai PHP

teori dasar php
Php adalah bahasa server-side scripting yang nantinya menyatu dengan HTML. Maka dalam usaha kolaborasi tersebut akan membuat halaman website kalian lebih tampil lebih dinamis yang nantinya akan disesuaikan dengan keinginan, dan juga kebutuhan. Apabila saat seorang akan mengakses sebuah situs, maka server yang nantinya akan memproses segala perintah php, dan mengirimkan semua format yang di dalam bentuk HTML.

Kode yang tersedia tersebut juga tentu tidak akan tampil di depan layar. Kode tersebut akan bersembunyi di balik layar dan sudah dikelola oleh para administrator situs website, maka nantinya akan menghasilkan sebuah tampilan situs berupa gambar, animasi, video, teks, atau apapun yang diinginkan sesuai dengan para pengelola website tersebut.

Dengan begitu para pengguna atau pengakses website tidak akan pernah bisa melihat seluruh kode yang disajikan tersebut, dan keamanan dari situs tersebut akan terjamin.

Apabila kalian ingin belajar php, maka kalian otomatis akan belajar mengenai teori-teori dasar php, teori tersebut diantaranya adalah :

Baca Juga  Laravel Adalah Framework, Simak 4 Tips Belajar Laravel

1. Seluruh aplikasi yang menggunakan basis situs website dapat dibuat dengan menggunakan php. Php tersebut nantinya akan mendukung segala bentuk komunikasi, dan sebagainya dengan menggunakan layanan dengan IMAP, SNMP, NNTP, POP3, dan juga tentu HTTP.

2. Php nantinya juga bisa menjadikan salah satu fungsi yang sebagai salah satu modul yang terdapat di web server Apache, setelah itu juga bisa menjadi binary yang bisa dijalankan dengan CGI.

3. Php juga bisa mengirim kepada HTTP Header. Maka, kemampuan lain yang akan dimiliki oleh php tersebut juga dapat di akses dengan cookies, selain itu juga bisa mengatur authentication dan redirect user.

4. Apabila kalian menjadi seorang developer web ataupun pengelola web, maka kalian dapat melakukan banyak hal, contohnya adalah membuat suatu dokumen PDF. Hal tersebut juga disebabkan php tersebut sudah mempunyai kemampuan dalam berintegrasi dengan beberapa jumlah library yang ada di eksternal.

5. Setelah itu juga mempunyai banyak cara dalam menulis script php, contohnya adalah dengan memulai, dan menuliskan kode-kode tersebut.

Fungsi Penggunaan PHP

fungsi php
Untuk penjelasan lebih mudahnya, bahasa pemrograman php adalah bahasa pemrograman yang nantinya akan banyak digunakan untuk nentinya mengembangkan suatu website.

Nah sebenarnya untuk membuat suatu sistem yang memiliki basis dengan menggunakan web tidak perlu menggunakan php. Tetapi dengan adanya fitur php yang menarik dan juga mudah untuk digunakan, maka banyak para pengembang situs website yang menggunakan bahasa pemrograman php.

Sebelum adanya php, para developer saat ini menggunakan bahasa pemrograman berupa HTML. Bahasa tersebut juga dapat digunakan untuk mengatur tampilan website agar nantinya tampilan tersebut masih biasa saja, namun hal tersebut dapat terjadi jika website tersebut masih bersifat tetap, dan juga tidak bisa memberikan tampilan dengan kondisi dari para pengguna.

Dengan adanya PHP maka dalam pembuatan website sangat mudah untuk dikembangkan, dan juga diatur agar nantinya website tersebut akan menjadi dinamis dan lebih bagus. Website nantinya akan menyesuaikan tampilan yang ada dengan perangkat yang sedang digunakan oleh para pengguna. Namun, yang menjadi nilai lebihnya lagi adalah website tersebut juga bisa melakukan suatu kegiatan berupa input, output dengan menggunakan database.

Baca Juga  Pengertian Kata Kunci, Manfaat dan Jenis-Jenisnya

Php itu sendiri juga biasanya dapat disisipkan di dalam kode HTML dan juga bisa dicampur atau dikombinasikan dengan banyak pemrograman lainnya seperti CSS. Apabila kalian masih bingung sebenarnya apa itu CSS dan apa sebenarnya fungsi dari CSS ini?

CSS atau singkatan dari Cascading Style Sheet, atau CSS adalah suatu bahasa pemrograman yang nantinya akan digunakan untuk mengatur gaya yang ada di dalam website atau situs atau yang biasa disebut dengan sekumpulan kode-kode yang mempunyai tujuan untuk mengatur tampilan ataupun layout web page agar nantinya terlihat dan juga lebih menarik untuk dikunjungi oleh para pengunjung.

Para web programmer dan juga para blogger nantinya akan menggunakan CSS untuk nantinya menentukan dimana letak berbagai macam tulisan, dan gambar, mengetahui backgroud apa yang akan digunakan di dalam website tersebut,

jenis font apa yang nantinya akan digunakan di dalam website tersebut, berapa ukuran dari web page, dan semua hal yang mempunyai hubungan dengan tampilan website. Hal tersebut menyebabkan hampir banyak website saat ini yang bertebaran di internet terdapat CSS.

Bagaimana Cara dan Aturan dalam Menulis PHP

bahasa pemrograman php

Php pada umumnya juga memiliki aturan tertentu dalam menulis, seperti hal nya bahasa pemrograman yang lainnya. Perlu kalian ketahui bahwa, semua aturan yang sudah ditetapkan juga sangat kompleks. Aturannya adalah sebagai berikut :

● File PHP harus juga diakhiri dengan sebuah ekstensi berupa .php. Apabila nantinya tidak sesuai , maka nantinya web server maka nantinya web server tidak akan menganggap hal tersebut sebagai PHP dan selain itu juga nantinya akan otomatis tidak akan memproses instruksi.

● Kalian juga bisa mengandalkan suatu open tag.

Jenis-Jenis PHP :

● Integer, yaitu tipe data php yang di dalamnya terdapat angka-angka bulat seperti 1, 1000, dan sebagainya. Dari nilai integer ini juga dapat bernilai negatif, ditandai dengan “-”, ataupun positif (tidak ditandai “-”)

● Float, atau biasa disebut dengan floating point, ataupun berupa real number, yaitu tipe data yang nantinya akan memiliki bagian desimal diakhir angka tersebut. Data float ditulis dengan menggunakan tanda koma (,) dan diganti dengan tanda titik (.), misalnya 3,24 salah, 3.24 itu benar.

● String, berisi gambaran teks ataupun sebuah karakter, dengan berbentuk kalimat, atau kata-kata.

● Heredoc, berfungsi untuk menuliskan string di dalam beberapa baris dalam sekaligus.

Operator PHP

Operator yang ada di dalam PHP merupakan simbol-simbol yang nantinya akan digunakan untuk memanipulasi sebuah data. Terdapat beberapa operator yang ada di dalam dunia php yang nantinya akan sering digunakan, yaitu :

● Operator Aritmatika

● Operator Increment/Decrement

● Operator Bitwise

● Operator Logika

● Operator Ternary

● Operator String

● Operator Perbandingan

Cara Belajar PHP Dasar Untuk Pemula

belajar php dasar
Setelah kalian sudah mengetahui dasar-dasar pengetahuan mengenai apa itu php, fungsi dari php, teori dasar mengenai php, fungsi penggunaan php, cara dan aturan dalam menulis php dan juga jenis dan operator yang dimiliki oleh php. Maka saat ini kalian akan belajar mengenai php.

Apakah kalian sudah mengetahui bahwa saat ini apabila kalian ingin belajar dasar php maka kalian hanya tinggal melihat video tutorialnya saja dan bisa mempraktekkannya sendiri? Ya, hal tersebut benar adanya, mungkin kalian tidak memerlukan orang lain untuk mengajari kalian bagaimana belajar php, namun kalian bisa belajar secara mandiri.

Apabila kalian ingin mempelajari php dengan mandiri, maka yang paling utama adalah mempelajarinya sendiri apalagi terlebih apabila ingin membuat suatu website WordPress, dan lain sebagainya. PHP itu sendiri merupakan bagian yang sangat penting di dalam WordPress.

Mengapa Harus Belajar PHP?

Dikarenakan bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan oleh para web developer untuk digunakan dalam membuat suatu situs web, di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa kalian harus mempelajari php :

a) Mudah untuk Digunakan, membuat website dengan menggunakan php maka nantinya akan mudah dilakukan. Mempelajari beberapa fungsi yang sangat sederhana, maka nantinya kalian tentu saja akan terbantu apabila kalian ingin membuat suatu website.

Dalam penggunaan ini kalian hanya perlu menulis script yang nantinya akan di upload ke dalam suatu server ataupun hosting yang kalian punya, dan kalian bisa langsung mengakses melalui browser kalian sendiri.

b) Komunitas Besar, dengan adanya beberapa komunitas besar yang mempunyai kesamaan di bidang tersebut biasanya kalian bisa berdiskusi langsung dengan komunitas tersebut dan membantu kalian dalam mencari solusi yang nantinya akan kalian pecahkan.

c) Memiliki Jenjang Karir yang tinggi, dengan pertumbuhan teknologi yang semakin cepat dan pesat, maka tentunya karir dalam bidang programmer tersebut juga akan semakin terbuka.

Aplikasi untuk Belajar PHP

aplikasi belajar php

● Text Editor, seperti Notepad++ ataupun Sublime Text

● XAMPP,

● Browser, Mozilla ataupun Google Chrome.

Situs Belajar PHP Paling Efektif

A) W3School

Di situs ini disediakan banyak tutorial untuk program website, dan salah satunya adalah program PHP. Apabila kalian ingin mempelajari PHP online melalui website ini, kalian hanya perlu untuk mengakses di bagian halaman PHP. Apabila kalian masih pemula dan ingin belajar php dasar seperti halnya Syntax, Variabel, ataupun String, dan juga masih banyak lainnya.

Namun apabila kalian sudah paham mengenai PHP dasar, kalian juga bisa langsung mempelajari bagaimana menghubungkan PHP ke dalam database. Apabila kalian sudah selesai untuk mempelajari PHP, kalian juga bisa menguji semuanya dengan langsung mencoba kuis dan langsung menjawab pertanyaan yang sudah disediakan di dalam situs tersebut.

B) Tizag.com

Situs ini disediakan secara khusus bagi kalian yang ingin belajar PHP dasar. Di dalam situs ini juga menampilkan data-data dengan menggunakan variabel, dan menggunakan variabel.

c) Codecademy

Untuk pembahasan Codecademy sudah pernah dibahas di artikel sebelumnya, namun kami akan tetap memberikan penjelasan singkat mengenai situs ini. Di dalam situs ini, Codecademy memiliki tutorial PHP yang dapat dikatakan menarik, karena di dalam setiap tahapan tersebut, ada penjelasan, code editor, dan tampilan yang mudah dimengerti oleh para pemula.

Maka apabila kalian ingin menjalankan script, maka kalian tidak perlu menginstall web server di localhost, selanjutnya kalian hanya perlu untuk mendapatkan koneksi internet dan juga web browser.

d) Codecourse

Kalian lebih nyaman untuk belajar dengan menggunakan media-media, seperti video? Maka Codecourse, merupakan tempat yang sangat tepat untuk memulai belajar php dasar. Di dalam situs ini juga mempunyai beberapa course yang gratis dan juga yang berbayar, dan kalian juga bisa memilihnya.

Kalian juga bisa belajar dari YouTube channel yang dimiliki oleh Codecourse. Nantinya akan memiliki ratusan video belajar PHP dengan menggunakan banyak macam penerapan. Codecourse juga menyediakan banyak video tutorial mengenai JavaScript, CSS, MySQL, dan juga JQuery.

E) Udemy

banyak video tutorial yang nantinya dapat kalian temukan juga di Udemy. Kalian bisa membeli video-video tutorial tentang belajar bahasa pemrograman PHP. Tetapi apabila kalian ingin
belajar dasar php namun tetap ingin menghemat uang kalian, maka kalian bisa memilih video tutorial yang gratis.

Kalian bisa mencari tutorial dengan keywords “PHP”, gunakan filter dan checklist di bagian gratis dan, voila! kalian dapat menggunakan tutorial gratis tersebut untuk belajar pemrograman php.

Untuk sementara waktu ini sudah terdapat 56 video belajar php gratis yang terdapat di Udemy, yang dapat kalian gunakan untuk mengasah kemampuan belajar bahasa pemrograman php.

Nah, itu dia beberapa informasi yang bisa menjadi salah satu referensi kalian dalam belajar php, kalian bisa memanfaatkan informasi yang sudah kami sajikan untuk mempraktekkan semua tutorial yang sudah dipaparkan di dalam artikel ini. Terdapat pula tutorial yang gratis, dan bisa kalian gunakan untuk menguasai php, semoga informasi yang kami berikan akan bermanfaat bagi kalian kedepannya!

×