Hotline : ‎0811 9720 2000 info@codeva.co.id
Select Page

Cara Membuat Iklan – Iklan sangat berpengaruh dalam kehidupan seorang pengusaha. Semua perusahaan di bidang jasa dan barang membutuhkan iklan sebagai campaign dan juga membentuk citra perusahaan.

Tanpa iklan bagaimana produk Anda akan diketahui oleh konsumen? Pentingnya beriklan, membuat Anda harus memilih jenis iklan apakah yang hendak digunakan.

Apakah Anda akan beriklan langsung menggunakan banner, spanduk atau neon box. Iklan tersebut bisa dipasang di pinggir jalan. Biaya yang dibutuhkan juga lebih besar karena semakin luas wilayah pemasangan maka budget juga semakin besar. Berbeda jika Anda memasang iklan secara online.

Iklan online lebih murah, dimana jangkauannya sangat luas. Semua pengguna gadget bisa melihat iklan dimanapun tergantung dimana Anda memasangnya. Salah satu tempat pemasangan iklan yang sangat murah adalah melalui Google Adwords. Memasang iklan di Google Ads tidak perlu biaya banyak dan waktunya sangatlah cepat.

Rata-rata pebisnis masa kini memanfaatkan Google Ads untuk memasang iklan secara online. Hal ini disebabkan iklan akan dipasang pada halaman pertama pada Google search. Biaya yang dipilih juga sangat terjangkau, Anda bisa memasangnya sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan.

cara membuat iklan
Langkah-Langkah Menggunakan Google Adwords Indonesia Bagi Pemula

Tertarik untuk membuat iklan menggunakan Google Ads? Ada beberapa cara membuat iklan yang harus diperhatikan. Pertama Anda harus memiliki website yang memuat produk untuk ditawarkan. Produk bisa berbentuk barang dan jasa, buatlah website semenarik mungkin dan user friendly. Kedua adalah dengan membuat akun melalui Gmail, akun ini akan terhubung ke semua fasilitas yang disediakan Google termasuk Google Ads.

Beriklan di Google Ads akan membawa banyak visitor ke dalam website Anda. Semakin banyak visitor, produk akan semakin terkenal dan juga semakin banyak orang yang akan membeli. Inilah syarat beriklan secara online, selanjutnya adalah mengikuti langkah mudah untuk beriklan melalui Google Ads berikut ini.

cara membuat iklan

● Masuk dan mulai beriklan

Langkah pertama adalah masuk ke Google Ads melalui Google search. Cobalah buka Google search pada browser Anda kemudian ketikan Google Adwords. Maka pada hasil pencarian masuklah ke laman pertama yaitu Google Adwords.

Setelah masuk, Anda bisa mencari menu ‘mulai sekarang’ kemudian klik pada menu tersebut untuk masuk ke dalam lama untuk mendaftarkan diri.

● Memilih tujuan beriklan

cara membuat iklan

Jika Anda sudah klik mulai beriklan sekarang maka akan diarahkan ke beberapa pilihan tujuan Anda untuk beriklan. Ada tiga pilihan alasan mengapa Anda harus beriklan, masing-masing alasan berbeda.

Hal ini akan berpengaruh nantinya pada hasil iklan yang akan ditunjukan Google Ads. Apakah tujuan iklan Anda untuk mendapatkan lebih banyak telepon masuk dari konsumen, mendapatkan lebih banyak konsumen untuk datang ke tempat jualan Anda. Bisa juga untuk meningkatkan pendapatan melalui website dengan banyak visitor yang sign up.

● Mengisi alamat bisnis

Langkah selanjutnya adalah mengisi alamat bisnis yaitu situs yang ingin Anda iklankan and serta alamat email yang digunakan setelah memilih tujuan beriklan.

Alamat email dan juga situs yang akan diiklankan ini sangat penting. Pastikan email yang digunakan aktif dan sebaiknya terhubung dengan website yang diiklankan.

google adwords indonesia

● Mengisi target dan bahasa

Bahasa yang digunakan untuk beriklan harus sesuai dengan target visitor Anda. Target ini harus disesuaikan dengan jenis produk yang Anda tawarkan. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia.

Setelah klik next maka Anda akan diarahkan pada pemilihan target wilayah beriklan. Target wilayah ini disesuaikan dimana saja Anda akan mengcover produk. Jika seluruh Indonesia maka Anda harus menyasar masing-masing kota besar. Pastikan target ini sudah disesuaikan dengan ketersediaan dan kemudahan produk untuk dijangkau masyarakat.

● Membuat kata-kata dalam iklan

Proses ini sangat penting, karena Anda akan beriklan. Temukan kata-kata yang tepat sesuai dengan kata kunci yang banyak dicari. Anda bisa memberikan tiga headline untuk menarik dan juga deskripsi yang ringkas, padat serta jelas.

Saat membuat iklan ini, Anda bisa dilihat tampilannya di bagian samping kanan. Disitulah nantinya tampilan iklan yang akan muncul di dalam Google search. Pastikan Anda sudah melakukan riset kata kunci sebelumnya.

● Menentukan anggaran

Akhirnya hampir selesai untuk memasang iklan, saatnya untuk mengisi budget iklan Anda. Budget ini bisa ditentukan berapa lama Anda akan beriklan dan kata kunci apa saja yang digunakan dan berapa jumlah klik yang didapatkan. Semakin tinggi maka semakin tinggi pula jumlah klik yang akan didapatkan. Apabila masih baru mencobanya, Anda bisa memberikan harga terendah dan melihat efektivitasnya.

● Billing

Terakhir adalah pembayaran, setelah mengisi jumlah budget yang ingin Anda habiskan jangan lupa untuk mengecek ulang iklan yang hendak dipasang. Kemudian masuk ke dalam proses pembayaran.

pasang iklan di google

Tips Cara Iklan di Google Agar Berhasil

Berhasil atau tidaknya cara membuat iklan yang Anda ikuti melalui Google Ads ini ditentukan dengan beberapa aspek. Cara utama yang harus diperhatikan adalah bagaimana membuat keyword saat beriklan. Seperti yang telah dijelaskan bahwa pasang iklan di google tergantung dengan keyword yang digunakan.

Keyword ini akan ditulis dan dirangkai menjadi kata-kata ampuh untuk menarik pengunjung. Kata kunci yang digunakan harus melalui riset terlebih dahulu, cobalah untuk riset melalui beberapa tools.

Kemudian kelompokkan kata kunci tersebut dalam beberapa kategori yang sesuai. Pengumpulan kategori ini akan meningkatkan efektivitasnya dalam iklan. Sehingga Anda bisa membuat iklan yang sesuai. Terakhir adalah terus menerus melakukan evaluasi dan menentukan mana saja kata kunci yang harus terus digunakan, selamat mencoba.

×