Hotline : ‎0811 9720 2000 info@codeva.co.id
Select Page

Codeigniter Adalah – Codeigniter adalah suatu web aplikasi jaringan yang bersifat open source dan juga dapat digunakan untuk membangun sebuah php yang sangat dinamis. Nah untuk kalian yang ingin mengetahui dan belajar php kalian bisa mencari artikel tersebut ya di website kami, disitu sudah kami rangkum berbagai informasi menarik mengenai php.

Codeigniter Adalah Framework php

belajar codeigniter
Codeigniter adalah suatu framework php dengan memiliki basis model MVC (model, view, controller), apabila kalian ingin membuat sebuah website yang mudah, kalian bisa langsung menggunakan php yang nantinya php ini dapat mempercepat suatu pengembangan guna membuat aplikasi untuk membuat suatu situs website.

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh Codeigniter adalah keringanan apabila kalian menggunakan framework tersebut di desktop kalian, cepat dalam hal ini kalian tidak akan dihantui oleh bayang-bayang bahwa nantinya kalian akan mendapati suatu maintenance yang memungkinkan kalian untuk mempending apabila sedang membuat suatu website dengan menggunakan framework Codeigniter.

Baca Juga  7 Bahasa Pemrograman? Kenali Pengertian dan Macam-Macamnya

Selain itu Codeigniter juga memiliki dokumentasi yang sangat lengkap dan juga disertai dengan contoh implementasi kode yang nantinya akan digunakan. Dokumentasi tersebutlah yang menjadi salah satu alasan tepat mengapa kalian harus menggunakan Codeigniter sebagai pilihan framework yang tepat.

Dikarenakan manfaat nya yang sangat banyak dan menguntungkan tersebut, maka banyak para creator php seperti contohnya, yaitu : Rasmus Lerdorf, menuturkan pujian kepada Codeigniter di frOSCon (Agustus 2008), bahwa Rasmus menyukai Codeigniter, “its faster, lighter, and the least like a framework”

Sejarah Codeigniter

sejarah codeigniter

Codeigniter juga pertama kali dikembangkan dan diciptakan oleh Rick Ellis, di tahun 2006. Dengan menggunakan logo api yang sangat menyala dan membara, Codeigniter dengan bergairah untuk bisa membakar semangat para web developer.

Agar bisa mengembangkan web dengan bentuk yang dinamis, ringan, cepat, dan tentunya mudah dengan menggunakan framework php dari codeigniter. Codeigniter ini juga sudah dirilis saat pertama kali pada 28 Februari 2006. Versi terbaru yang dirilis oleh pihak Codeigniter adalah yang terakhir 2.1.0 yang sudah di rilis di tanggal 28 November 2011.

Baca Juga  Laravel Adalah Framework, Simak 4 Tips Belajar Laravel

Rick Ellis ini mempunyai cerita unik, yaitu Rick yang dulunya adalah seorang musisi rock, yang beralih profesi menjadi seorang programmer dan melakukan suatu riset kecil-kecilan dan akhirnya menghasilkan suatu framework php dengan ukuran kecil, ringan, dan juga telah memenuhi fitur umum suatu aplikasi di php. Di tahun 2014 akhirnya Codeigniter berpindah tangan dan dimiliki oleh British Columbia Institute of Technology (BCIT)

Penjelasan Mengenai Framework, dan VMC (Model, View, Controller), sebelum kalian mengenal lebih jauh penjelasan dari Codeigniter maka ada baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan framework dan VMC. Framework merupakan suatu kumpulan dari berbagai fungsi-fungsi maupun prosedur dan class untuk digunakan sebagai tujuan tertentu yang nantinya sudah siap digunakan untuk nantinya mempermudah dan juga mempercepat pekerjaan dari seorang programmer.

Manfaat Framework

manfaat framework

● Memboosting dan juga akan mempermudah suatu pembangunan dari sebuah aplikasi website.

● Lebih memudahkan kalian dalam memproses semua maintenance karena di dalam framework tersebut sudah memiliki pola-pola tertentu.

● Framework mempunyai fasilitas yang sangat general di pakai oleh kita maka nantinya kalian tidak memerlukan lagi membuild dari awal.

● Lebih menekankan kebebasan dalam mengembangkan program dibandingkan dengan CMS

Model, View, Controller (VMC), yaitu yang didalamnya terdapat konsep yang populer dalam membangun sebuah aplikasi yang mempunyai komponen utama, dalam membangun aplikasi.

3 jenis komponen yang membangun VMC pattern di dalam aplikasi tertentu.

1. View, bagian yang menangani bagian presentation logic atau presentasi logika. Di dalam suatu aplikasi web, bagian ini merupakan file template HTML, yang nantinya akan diatur oleh controller. View ini mempunyai fungsi sebagai menerima dan juga mempresentasikan data yang ada kepada user.

2. Model, yang berhubungan secara langsung dengan database agar nantinya dapat memanipulasi data seperti insert, update, delete, search, selain itu juga nantinya akan menangani validasi dari bagian controller, tapi tidak bisa berhubungan dengan view.

3. Controller ini mempunyai fungsi sebagai penghubung yang nantinya akan menghubungkan Model ke View, maka View nantinya akan menampilkan data dari model

Kelebihan MVC

kelebihan mvc

Banyak programmer yang merekomendasikan framework ini menjadi salah satu framework yang bagus, dan mungkin banyak kegunaan yang nantinya akan berguna, diantaranya adalah :

1. Performa yang nantinya akan sangat cepat : Mungkin beberapa orang tidak menggunakan framework dikarenakan program tersebut susah untuk running, lambat, daripada php. Namun , untuk Codeigniter mempunyai kecepatan yang sangat cepat dan bahkan framework yang paling cepat diantara framework lainnya.

2. Nearly Zero Configuration : Apabila kalian menggunakan codeigniter dengan menggunakan pengaturan yang standar, dan kalian tidak perlu merubah banyak dan semuanya berubah, kalian hanya mengubah sebagian kecil folder yang ada di config.

3. Komunitas yang Melimpah : Dengan adanya banyak komunitas yang hadir, mereka nantinya akan siap untuk membantu kalian dalam menghadapi berbagai masalah yang kalian hadapi, selain itu kalian juga bisa langsung berdiskusi dengan komunitas yang sudah tersedia.

4. Mudah Untuk Dipelajari oleh Para Pemula, Codeigniter juga sangat mudah dipelajari, dan juga dipraktekkan, dikarenakan Codeigniter tidak bergantung dengan tool tambahan seperti halnya ORM,

Template Engine, dan sebagainya.

Untuk penggunaan Codeigniter ini sendiri cocok untuk :

– Portal Berita

– Website yang digunakan oleh start up

– Profile company, atau profil suatu perusahaan

– Situs E Commerce

Cara Mendownload Codeigniter di Desktop

cara download codeigniter

1. Kalian bisa langsung masuk ke dalam situs Codeigniter, dan mendownload framework tersebut di website www.codeigniter.com.

2. Selanjutnya kalian akan mendapatkan file zip, dan biasanya berupa nama “Codeigniter-3.1.9.zip”, nantinya nama file tersebut tergantung berdasarkan versi berapa yang ingin kalian unduh.

3. Ekstrak file tersebut ke dalam c:\xampp\htdocs (XAMPP) atau kalian juga mengekstrak file tersebut ke dalam \var\www\html, apabila kalian menggunakan Linux.

4. Setelah itu kalian bisa mengubah nama file tersebut dengan nama yang kalian inginkan.

5. Apabila kalian sudah selesai mengunduh Codeigniter maka, kalian bisa menggunakan Codeigniter tersebut.

Struktur Direktori Codeigniter

struktur codeigniter

Di dalam direktori Codeigniter mempunyai dua direktori yang penting, diantaranya adalah application dan system, selain itu banyak lagi direktori lainnya yang juga penting, berikut penjelasannya :

● Application : yang di dalamnya berisi semua kode yang berasal dari aplikasi tersebut.

● System : yang berisikan kode dari Codeigniter itu sendiri, jangan pernah mengubah apapun di dalam direktori ini

● tests , kode yang digunakan untuk melakukan unit testing

● User_guide, dokumentasi dari Codeigniter, dan kalian juga bisa menghapus direktori tersebut.

● Editor config, untuk teks editor

● Gitignore, yang berisi dengan daftar-daftar file dan juga folder.

● Composer.json, file yang di dalamnya berisikan keterangan dari project dan library yang nanti akan digunakan.

● Contributing.md, yang di dalamnya berisi penjelasan di dalam proyek Codeigniter

Baca Juga  Bootstrap Adalah : Fungsi, dan 5 Cara Menggunakannya

● License.txt, berisikan mengenai aturan lisensi dari Codeigniter

● Readme.rst, sama dengan file contributing.md

● Index.php, file utama, yang jika kalian membuka suatu website maka halaman pertama yang muncul itulah yang dinamakan index.php

Di dalam direktori application, diantaranya adalah :

● Cache, yan berisikan cache dari dalam aplikasi tersebut

● Config, yang berisikan suatu konfigurasi dari aplikasi yang ada.

● Autoload.php, yaitu dimana kita dapat mengartikan atau mendefinisikan autoload

● Config.php, mengkonfigurasikan aplikasi

● Foreign_chars.php, yang di dalamnya berisikan suatu karakter ataupun suatu simbol

● Dan banyak lainnya yang bisa kalian langsung praktekkan, dan pelajari langsung.

Seperti yang sudah di katakan di atas bahwa Codeigniter adalah salah satu web jaringan framework yang dinamis, ringan, dan cepat. Maka kalian tentu saja akan dimudahkan untuk menggunakan dan mempelajari program Codeigniter. Jangan takut untuk memulai suatu hal yang baru, semoga informasi yang kami sampaikan akan bermanfaat bagi kalian!

×