Hotline : ‎0811 9720 2000 info@codeva.co.id
Select Page

Facebook Ads Adalah – Layanan untuk memasang iklan di Facebook sudah ada sejak lama dan telah banyak bisnis yang memanfaatkannya. Iklan bisa dibuat secara simpel dan sesuai keinginan pengiklan. Jangkauan yang didapatkan sangat luas sehingga sebuah bisnis mampu memasarkan produknya ke jutaan orang setiap bulannya.

 

Prosesnya sangat mudah, Facebook juga mengizinkan pengiklan untuk membuat target audience serta mendapatkan laporan analitis untuk mengecek kemampuan setiap iklan. Untuk bisa menguasai Facebook ads perlu waktu yang tidak sebenar apalagi jika ingin mengoptimalkan setiap iklan yang ditayangkan.

 

Facebook ads adalah layanan yang sangat menguntungkan bagi banyak pebisnis, tapi tetap harus dilakukan dengan cara yang benar. Supaya tidak salah dalam penggunaannya dan iklan tetap maksimal. Kamu bisa mengenali facebook ads, cara menggunakannya dan mengoptimalkannya di sini.

 

Mengenal Facebook Ads Adalah dan Alasan Menggunakannya

 

facebook ads adalah

 

Facebook ads atau iklan facebook adalah layanan tambahan yang diberikan facebook bagi para penggunanya. Khususnya bagi pengguna yang memiliki bisnis, melalui iklan facebook maka produk akan tayang di kabar berita dan kolom kanan pada target audience. Apa yang diiklankan? Kamu akan mengiklankan fanpage yaitu sebuah halaman yang bisa saja toko online atau sebuah brand.

 

Melalui iklan ini ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan. Keuntungan inilah yang menjadikannya alasan banyak pebisnis yang memanfaatkan iklan facebook. Berikut ini alasan yang menjadikan facebook ads adalah layanan untuk beriklan terbaik.

 

1. Efektifitas yang Tinggi

 

Facebook telah menjadi bagian hidup manusia dengan total pengguna 2,2 miliar dengan 1,5 juta orang yang aktif setiap harinya. Tren Facebook tidak akan berubah karena selalu ada perkembangan baru yang dibutuhkan manusia di era informasi dan semuanya terdapat di Facebook.

 

2. Proses yang Simpel dengan Hasil Cepat

 

Memasang iklan Facebook hanya membutuhkan sedikit waktu tetapi mampu menghasilkan terbaik dan cepat dalam bisnis. Siapa saja bisa log in ke dalam akun Facebook dan menciptakan akun bisnis, memilih pembayaran, dan mempublikasikan iklan.

 

 

3. Menyasar Target Audience yang Tepat

 

Tepat sasaran adalah kunci keberhasilan dari iklan. Kamu bisa mendapatkannya hanya dengan beriklan melalui Facebook. Setiap harinya banyak orang yang mengakses sosial media dan hampir 57% orang menggunakan Facebook untuk berbelanja. Namun di antara semua pengguna tersebut kamu bisa memilih sasaran manakah yang sesuai dengan target audience.

 

4. Selalu Ada Fitur Baru Setiap Bulannya

 

Facebook selalu menambahkan fitur baru setiap bulannya untuk meningkatkan user experience baik itu untuk iklan dan pengguna lainnya. Kelebihan inilah yang menguntungkan, karena perkembangannya akan membuat bisnis semakin meningkat namun mudah digunakan.

 

Apa itu facebook ads dan keuntungannya akan menguntungkan bisnis, kini saatnya mempelajari bagaimana cara menggunakannya dengan tepat.

 

Tahapan Menggunakan Facebook Ads

 

cara membuat iklan di facebook

 

Bagaimana cara menggunakan iklan Facebook tidak bisa langsung memasangnya. Kamu harus memiliki akun Facebook terlebih dahulu, kemudian membuat Facebook page atau fans page. Barulah setelah itu membuat iklan facebook lebih mudah. Kamu bisa membuat akun pribadi atau menggunakan akun bisnis kemudian baru membuat fanspage.

 

Supaya tidak salah dalam pembuatannya, berikut ini langkah lengkap cara membuat iklan di facebook dari awal sampai akhir.

 

Langkah 1. Membuat Halaman pada Facebook

 

Seperti yang dijelaskan bahwa halaman atau fanspage adalah sebuah halaman yang fungsinya untuk memberikan informasi, kegiatan atau berbagai macam acara. Melalui halaman Facebook, banyak orang akan menyukai bahkan mengikuti apabila mereka suka dengan konten yang disajikan.

 

Para pelaku bisnis biasanya memanfaatkan halaman facebook untuk branding produk mereka. Untuk bisa membuatnya kamu bisa login terlebih dahulu ke Facebook menggunakan akun pribadi. Setelah masuk ke beranda pilih menu halaman dan buat halaman baru. Akan muncul dua pilihan yaitu halaman bisnis, merek dan komunitas atau tokoh masyarakat., pilihlah sesuai kebutuhan.

 

Selesai memilih maka akan muncul kolom yang harus diisi, semua data ini nantinya akan ditampilkan pada halaman Facebook sebagai informasi dasar. Isi semua kolom dengan jelas dan benar. Setelah itu klik lanjutkan dan halaman sudah selesai dibuat. Tak berhenti di situ, kamu harus melanjutkan untuk mengunggah foto profil untuk laman dan foto halaman sampul. Kini kamu bisa membuat Facebook Ads.

 

Apabila kamu sudah memiliki halaman Facebook bisa skip langkah pertama ini.

 

Langkah 2. Cara Membuat Iklan Facebook

 

Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan sebelum iklan akhirnya tayang. Mulai dari menentukan jenis iklan tujuan iklan, target audience, penempatan, jadwal dan formatnya. Berikut ini tahapan yang harus kamu ikuti.

 

1. Masuk ke Facebook Ads

 

Langkah pertama adalah masuk ke dalam akun yang digunakan untuk membuat halaman Facebook. Kemudian lanjutkan ke halaman Facebook Ads Manager, kemudian kamu akan diarahkan pada dua pilihan yaitu Pembuatan Iklan Cepat dan Pembuatan Iklan Terpandu. Karena baru pertama kali membuat sebaiknya pilih menu Pembuatan Iklan terpandu.

 

Fungsinya adalah supaya dalam pembuatan iklan bisa lebih spesifik dan lebih banyak menu yang muncul. Namun jika kamu sudah mahir atau terbiasa nantinya bisa memilih menu Pembuatan Iklan Cepat.

 

2. Menentukan Tujuan Iklan

 

Halaman selanjutnya yang akan muncul adalah tujuan iklan. Ada tiga pilihan yaitu Pertimbangan, Konversi dan Kesadaran. Masing-masing iklan memiliki tujuan berbeda maka pilih salah satu diantaranya. Keterangan dari masing-masing tujuan adalah sebagai berikut:

 

Kesadaran, tujuannya adalah untuk meningkatkan brand awareness dengan jangkauan maksimal sesuai anggaran.

 

Pertimbangan, bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke web atau aplikasi. Kamu bisa mendapatkan interaksi seperti like dan tanggapan lainnya sesuai dengan format iklan baik itu teks atau dengan video.

 

Konversi, tujuannya adalah meningkatkan konsumen produk melalui web dengan iklan yang berbentuk katalog. Bisa memilih menu kunjungan toko untuk bisa meningkatkan jumlah konsumen.

 

 

3. Memilih Jenis Iklan

 

Selesai memilih tujuan dari iklan, selanjutnya adalah menentukan jenis iklan. Ada dua jenis iklan yang harus dipilih yaitu Uji Split dan Pengoptimalan Anggaran. Jenis uji split adalah iklan yang dibagi menjadi dua, otomatis biaya yang dikeluarkan lebih tinggi. Sedangkan pengoptimalan anggaran untuk satu iklan saja.

 

Sebagai pemula akan lebih cocok untuk memilih jenis iklan dengan anggaran optimal, alasannya jika menggunakan uji split akan banyak biaya yang dikeluarkan. Pemilihan jenis iklan nantinya akan menentukan berapa banyak anggaran yang dikeluarkan. Selain itu juga semua perhitungan berdasarkan bid. Berikut jenis-jenis trafik iklan yang akan didapatkan.

 

1. CPC (Cost Per Click)

 

Sesuai dengan jenis namanya, pembayaran jenis iklan ini akan disesuaikan dengan jumlah klik yang didapatkan dari pengguna Facebook. Apabila kamu ingin mendapatkan trafik yang tinggi, maka jenis iklan ini sesuai untuk dipilih. Pengunjung yang klik iklan langsung diarahkan ke website.

 

2. CPM (Cost Per Mille)

 

Kalau yang satu ini jenisnya adalah menyesuaikan jumlah tayang iklan. Kamu akan membayar per jumlah iklan yang telah ditayangkan. Sebaiknya jenis ini dipilih jika kamu ingin memasang iklan untuk meningkatkan brand awareness.

 

3. CPV (Cost Per View)

 

Iklan jenis ini paling cocok jika kamu ingin menayangkannya dalam bentuk video dan setiap kali ada orang yang melihatnya akan menjadi tolak ukur pembayaran. Durasi orang yang dilihat dihitung per 10 detiknya.

 

4. CPA (Cost Per Action)

 

Apabila pengunjung melakukan aksi dari iklan yang telah ditayangkan, contohnya saja mereka melakukan pembayaran atau registrasi maka akan dihitung sebagai cost. Supaya jenis iklan ini maksimal dilakukan, perlu menggunakan Facebook Pixel untuk pengamatan aktivitas pengguna.

 

5. CPL (Cost Per Like)

 

Apabila kamu memilih jenis iklan ini maka biaya yang dibebankan akan sesuai jumlah like yang didapatkan dari postingan iklan. Jika kamu ingin meningkatkan merk supaya terkenal maka iklan ini cocok dipilih sama seperti CPM.

 

4. Nama Iklan, Promo dan Tujuan Trafik

 

Saatnya menentukan iklan, pertama yang terpenting adalah memberikan nama iklan. Fungsi dari nama ini adalah untuk pengecekan performa nantinya setelah tayang. Kemudian pilih juga tujuan iklan, yang maksudnya adalah pengarahan kepada pengunjung. Misalnya kamu ingin mengarahkan pengunjung untuk meningkatkan trafik web, maka arahkan mereka setelh klik iklan langsung ke web.

 

Bisa juga untuk mengarahkannya ke Whatsapp, Aplikasi atau Messenger. Selesai menentukan tujuan trafik kamu bisa mencentang menu promo jika memang iklan yang ditayangkan menyediakan promo khusus. FUngsinya adalah supaya pengguna semakin tertarik untuk membaca dan melakukan aksi dari iklan yang dilihat.

 

5. Memilih Target Audience

 

Ini yang paling penting yaitu menentukan target audience yang nantinya bisa menjadi calon konsumen. Kamu bisa menyesuaikan target audience ini dengan konsumen yang dituju pada produk. Berikut ini rincian dari target audience yang harus dipilih.

 

Pemirsa Khusus, pada menu ini iklan akan ditujukan kepada mereka yang sudah pernah melakukan interaksi dengan produk atau web secara langsung. Bahkan mereka yang sudah pernah telepon untuk menanyakan tentang produk yang kamu tawarkan.

 

Lokasi, kamu bisa menentukan orang-orang yang tinggal di mana saja yang akan dilihat iklan. Bisa itu negara, kota, alamat bahkan jika tak memiliki lokasi kamu bisa membuatnya untuk massal.

 

Umur, ini yang paling penting khususnya untuk produk-produk yang segmented. Perlu memilih usia dengan rentang tertentu misalnya saja 20 sampai 50 tahun yang harus disesuaikan dengan produk.

 

Bahasa, apakah kamu menyediakan produk untuk bisa dikirim ke luar negeri? Kamu mungkin perlu memikirkan iklan berbahasa Inggris. Tapi jika kamu hanya memasarkan produk di Indonesia maka cukup pilih bahasa Indonesia.

 

Penargetan terperinci, pada menu ini kamu bisa memilih berbagai macam sifat pengguna yang disesuaikan dengan target audience. Fungsinya adalah sebagai informasi tambahan, misalnya saja apa yang diminati oleh audience.

 

Koneksi, pada menu ini kamu bisa mengisinya apabila sudah banyak orang yang terhubung ke halaman Facebook dan melakukan aksi seperti like atau mengikuti. Mereka akan bisa melihat iklan kamu.

 

6. Penempatan dan Penjadwalan Iklan

 

Apabila belum berpengalaman, sebaiknya pilih menu penempatan otomatis karena Facebook akan menempatkan iklan di aplikasi yang efektif. Selain itu kamu juga harus memilih jadwal tayang dari iklan. Kamu bisa memulainya satu minggu atau satu bulan bahkan lebih lama dengan menetapkan tanggal mulai dan selesai.

 

7. Format Tampilan Iklan

 

Ada lima format yang bisa dipilih yaitu karosel, gambar tunggal, video tunggal, tayangan slide, koleksi. Kamu bisa memilihnya dengan menyesuaikan iklan yang hendak ditayangkan misalnya apakah dalam bentuk video atau presentasi. Untuk Karosel gambar iklan yang ditayangkan dapat digeser oleh pengguna.

 

Sisanya adalah mengisi teks iklan, gambar atau video, judul dan tautan yang hendak dimasukkan.

 

Langkah 3. Cara Membayar Iklan Facebook

 

Selesai merancang iklan, saatnya membayar. Pembayaran dilakukan dengan beberapa pilihan yaitu kartu kredit atau debit, paypal dan juga menggunakan kupon iklan Facebook. Kamu bisa memilih metode pembayaran sesuai yang dimiliki kemudian tekan kirim.

 

Setelah itu akan muncul review iklan dan ada pilihan untuk mengikuti semua syarat dan ketentuan yang berlaku. Jika sudah ok dengan aturan dan ketentuannya kamu bisa menyelesaikan pembuatan iklan.

 

Melalui ketiga langkah di atas, facebook ads adalah jenis iklan yang paling mudah dibuat serta murah untuk ukuran sosial media. Belum lagi jika mengingat hasilnya yang sangat tinggi untuk mendatangkan konsumen. Tapi perlu diingat pula kamu harus membuat iklan yang berkualitas untuk menarik perhatian pengunjung Facebook ya.

 

Cara Mengoptimalkan Facebook Ads

 

Cara Mengoptimalkan Facebook Ads

 

Kamu mungkin saja sudah tahu bagaimana cara membuat iklan di facebook tapi apakah sudah bisa mendatangkan trafik? Belum tentu, karena kamu juga harus membuat iklan menjadi lebih optimal. Caranya mudah yaitu membuat iklan yang menarik.

 

Banyak faktor yang membuat iklan menarik perhatian seperti teks, gambar, video, pemilihan format iklan dan beberapa pengaturan lainnya.

 

Jadi mengetahui apa itu Facebook ads dan cara membuatnya saja tak cukup untuk optimasi. Harus ada kreativitas membuat iklan yang dikuasai. Supaya tak salah membuat iklan, berikut ini beberapa cara optimasi yang bisa kamu rencanakan.

 

1. Perhatikan teks iklan

 

Iklan Facebook yang dipasang merupakan sebuah konten dan hal yang paling menarik adalah teks. Kamu harus menyusun judul dalam bentuk kalimat yang menarik bahkan bisa juga kalimat tanya.

 

Khusus untuk judul sebaiknya buat 25 karakter saja karena jika terlalu panjang tidak akan muncul pada iklan. Kemudian untuk teks iklan sendiri bisa mengisinya sebanyak 90 karakter khusus Newsfeed. Jika ingin menyertakan link pada dekripsi bisa menuliskan 90 karakter. Jangan lupa supaya lebih efektif tambahkan call to action seperti daftar sekarang.

 

2. Buat gambar yang menarik

 

Jika kamu tidak memiliki konten video, bisa juga menggunakan gambar atau foto. Gambar adalah komponen yang paling penting karena akan menarik perhatian selain teks. Kamu perlu menyimpan gambar sebanyak mungkin dengan kualitas bagus.

 

Pada saat hendak menambahkan gambar di pembuatan iklan kamu akan memasukan setidaknya 6 gambar untuk uji coba iklan. Dari situ nantinya kamu bisa memilih manakah gambar yang tepat untuk digunakan. Selain itu ukuran gambar juga harus besar yaitu 1600 X 315 px.

 

 

3. Tata letak iklan

 

Pada saat bagian format iklan kamu akan menentukan tata letak yang strategis. News Feed adalah tata letak iklan yang paling strategis dan juga efektif. Hindari untuk memilih letak iklan di sebelah kanan karena tidak banyak yang akan antusias melihatnya. Selain itu juga pilih juga untuk iklan versi mobile supaya hasilnya bisa menyesuaikan.

 

Kebanyakan audience menggunakan smartphone untuk masuk ke akun Facebook. Maka dari itu versi mobile untuk iklan harus diaktifkan.

 

Hanya melalui tiga cara ini kamu bisa membuat iklan yang optimal. Selalu perhatikan penggunaan bahasa untuk membuat teks yang menarik. So, bagaimana apakah facebook ads adalah sesuatu yang sulit untuk dibuat dan dioptimalkan? Tentu saja tidak, karena kamu pun bisa mempelajarinya dari sekarang.

×