Hotline : ‎0811 9720 2000 info@codeva.co.id
Select Page

Framework Adalah – Bagi sebagian besar seorang programmer pasti mereka sudah sangat mengenali arti dari kata framework, karena apabila seorang programmer ingin membuat suatu aplikasi atau suatu pemrograman web maka sudah pasti akan membutuhkan framework, hal tersebut bertujuan untuk pemrosesan coding akan berjalan lebih mudah, dan lebih cepat.

Untuk kalian yang masih pemula dan baru ingin memulai belajar membuat suatu website maka kalian, harus mengetahui terlebih dahulu apa itu framework, kami akan memberikan penjelasannya, dan juga beberapa informasi lainnya seputar framework, mari simak!

Framework Adalah Kerangka Kerja Programmer

framework
Framework adalah software yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan para programmer untuk membuat suatu aplikasi web yang memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah plugin, dan beberapa konsep yang dibentuk oleh suatu sistem tertentu agar nantinya dapat tersusun, dan juga teratur dengan rapi.

Di dalam beberapa tahun ini, banyak sekali praktik upaya pengembangan suatu web dengan menggunakan beberapa jenis perubahan. Hal tersebut yang menjadikan pembuatan suatu website lebih terlihat mudah, menyenangkan untuk digunakan. Framework adalah salah satu software yang memiliki peran dalam suatu perubahan yang memudahkan para pengembang web, untuk membuat website dengan lebih mudah.

Pengertian lainnya, framework adalah suatu kerangka kerja yang juga digunakan untuk nantinya akan memudahkan para developer software untuk membuat serta mengembangkan suatu aplikasi yang diinginkan oleh para programmer.

Komponen framework adalah yang berisikan perintah, dan juga memiliki fungsi dasar yang juga di dalamnya bersifat umum dan dapat digunakan untuk nantinya membangun suatu aplikasi dengan lebih cepat, efisien, dan teratur.

Selain apa itu framework adalah sebuah software yang di dalamnya berisikan komponen-komponen pemrograman yang sudah siap digunakan kapan saja, dimana saja. Maka nantinya para programmer tidak perlu membuat suatu script yang sama.

Selain itu apa itu framework juga memiliki 2 jenis pemrograman, yang diantaranya adalah Desktop Framework, dan juga Web Framework, fungsi dari Desktop Framework adalah membangun aplikasi dengan berbasis desktop, dan Web Framework untuk membangun aplikasi berbasis web.

Apakah Fungsi Framework?

fungsi framework

Fungsi dari framework adalah sebagai berikut :

● Mempercepat suatu proses untuk membuat aplikasi yang berbasis desktop, berbasis mobile, dan juga berbasis web.

● Membantu para developer website untuk merencanakan suatu pemeliharaan, dan pembuatan suatu website

● Aplikasi yang dihasilkan akan menjadi lebih stabil, dna juga akan lebih terlihat sangat stabil, hal tersebut juga dilakukan karena framework dapat dilalui dengan baik mengenai stabilitas, dan juga kehandalannya.

Baca Juga  Codeigniter Adalah: Manfaat, Kelebihan dan Strukturnya

● Selain itu akan memudahkan para developer untuk membaca suatu kode program untuk lebih mendetail mencari suatu bug atau kecacatan di dalam suatu website.

● Selain itu juga mempunyai tingkat keamanan yang lebih baik, hal tersebut dilakukan karena framework sendiri akan mengantisipasi suatu celah yang mungkin akan ditimbulkan.

● Selain itu akan mempermudah para developer untuk mendokumentasikan suatu aplikasi yang dapat dibangun nantinya.

5 Jenis Framework Terbaik

jenis framework
1. Laravel

Framework PHP yang bersifat open source ini sudah ada dan juga sudah berkembang beberapa tahun lalu, selain itu Laravel juga sudah membuktikan bahwa framework tersebut sudah sangat banyak mengesankan para pengembang web pada umumnya.

Dengan sistem pengembangan yang dilakukan dengan menggunakan suatu Model-View-Controller (MVC), hal tersebut juga merupakan pilihan yang baik untuk kegiatan website sosial media, forum online, dan bahkan sistem manajemen konten.

Terdapat beberapa alasan mengapa Laravel masih menjadi salah satu framework yang terbaik untuk mengembangkan suatu website. Laravel framework adalah yang memiliki fitur utama seperti halnya komposer ORM, fitur migrasi, dan lain sebagainya.

2. Django

Bagi pengembang website yang ingin dimudahkan dalam mengembangkan suatu website, maka Django adalah suatu pilihan yang tepat. Framework adalah pengembang website yang dapat ditulis di dalam Python yang dapat menandakan bahwa kalian para pengembang web tidak perlu memiliki hubungan dengan simbol-simbol asing.

Selain itu piak dari Django sendiri memanfaatkan kelebihan dan popularitas dari Python, yang memiliki komunitas yang sangat besar. Django framework adalah masuk ke dalam suatu pengembangan yang paling mudah digunakan dan diaplikasikan dengan mudah tanpa mengalami suatu kesulitan yang berat.

Django menggunakan arsitektur dengan Model-View-Controller (MVC) apabila kalian ingin merencanakan membangun suatu website yang sangat kompleks maka kalian bisa menggunakan Django sebagai solusinya.

Selain kelebihan tersebut, Django juga akan mempersingkat kalian dalam mengembangkan suatu website. Kalian juga tidak perlu khawatir terhadap keamanan yang dimiliki oleh Django, karena Django akan memberikan jaminan untuk memperkuat framework tersebut di dalam masalah kritis, seperti halnya kata sandi dan lain sebagainya.

3. Ruby On Rails

Ruby On Rails ini adalah side-server framework yang dapat dilakukan dengan bahasa pemrograman Ruby. Ruby On Rails ini adalah framework yang dapat mengembangkan suatu website dengan cara open source.

Hal tersebut menandakan bahwa kalian tidak perlu untuk mengkonfigurasi file mengenai apapun disaat kalian menggunakan Ruby On Rails, framework tersebut juga dapat membantu kalian dalam mengembangkan struktur yang sangat logis.

Ruby On Rails ini menjadi salah satu solusi mengenai masalah yang nantinya dapat dihindari oleh banyak sebagian besar programmer, yaitu suatu dokumentasi. Dan Ruby On Rails merupakan framework yang terbaik untuk mengembangkan website, yang nantinya akan meningkatkan produktivitas kalian.

Baca Juga  Bootstrap Adalah : Fungsi, dan 5 Cara Menggunakannya

4. Spring

Apabila kalian ingin membangun suatu aplikasi web dengan menggunakan basis Java, maka kalian bisa menggunakan framework Spring. Spring juga akan sepenuhnya didasari oleh bahasa pemrograman Java.

Sama seperti framework lainnya , Java juga menggunakan arsitektur dengan menggunakan Model View Controller (MVC) maka Spring akan membantu kalian dalam mempersingkat waktu. Kalian juga tidak perlu untuk mengkonfigurasi file atau bahkan pengaturan, disaat kalian menggunakan framework tersebut.

Selain itu juga Spring memiliki fitur yang khusus dan dikenal dengan Spring Cloud. Fitur tersebut berguna untuk membangun suatu sistem yang terdistribusi. Dan juga dapat melakukan suatu koordinasi yang juga akan tepat dari beberapa layanan mikro.

×