Hotline : ‎0811 9720 2000 info@codeva.co.id
Select Page

Laravel Adalah – Apabila kalian ingin mengembangkan tool website dengan mudah dan juga tepat sasaran, maka kalian bisa menggunakan framework php. Untuk pemilihan framework php yang baik adalah dengan cara disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi yang nantinya akan kalian gunakan dan akan kalian kembangkan.

Selain itu framework yang mencerminkan sebagai framework baik adalah framework yang bisa menyederhanakan suatu proses pembuatan dan juga akan menghasilkan suatu performa aplikasi yang sangat maksimal.

Nah sekarang pasti kalian akan bertanya-tanya, framework apa yang nantinya akan berjalan dengan maksimal dan sangat populer? Jawabannya adalah Laravel. Laravel ini sangat terkenal dengan tingkat kesederhanaan dan juga dapat menghasilkan suatu aplikasi web yang sangat memiliki kekuatan.

Pengertian Laravel Adalah Sebagai Berikut

pengertian laravel

Laravel adalah suatu framework PHP yang dibangun dengan melalui konsep MVC (Model View Controller) nah Laravel ini adalah salah satu pengembangan website dengan berbasis MVC yang dikonsepkan dengan PHP dan dengan tujuan rancangan guna meningkatkan suatu kualitas pemeliharaan,

dan juga untuk memboosting pengalaman kerja kalian dengan memiliki sintaks yang jelas, selain itu kalian juga bisa menghemat waktu kalian dalam mengembangkan dan mem-build suatu aplikasi dengan web, wah asyik ya?

MVC merupakan suatu perangkat lunak yang dapat memisahkan aplikasi yang berdasarkan komponen-komponen aplikasi seperti memanipulasi data, lalu memanipulasi pula controller, ataupun user interface.

Apa itu MVC sebenarnya?

cara belajar laravel

• Model, model ini juga di dalamnya mewakili suatu struktur data. Yang biasanya model tersebut berisikan beberapa fungsi yang nantinya akan membantu seseorang tersebut dengan mengelola suatu basis data dengan memasukkan suatu data ke dalam basis data, pembaruan data lain sebagainya.

• View, View merupakan suatu bagian yang di dalamnya akan mengatur beberapa tampilan yang akan pengguna gunakan. Yang biasanya kita kenal dengan halaman web atau web page.

• Controller, yaitu suatu bagian yang dihubungkan dengan model dan juga view.

Fitur yang ada di Laravel yang sangat tepat, meliputi :

• Bundles, yaitu merupakan suatu fitur dengan menggunakan sistem yang dilakukan dengan pengemasan modular dan akan mempunyai banyak beragam aplikasi.

Baca Juga  7 Bahasa Pemrograman? Kenali Pengertian dan Macam-Macamnya

• Eloquent ORM, yaitu suatu penerapan yang berupa lanjutan dan juga akan menyediakan suatu metode internal dari mulai pola “active record” yang nantinya akan mengatasi suatu masalah yang ada di hubungan objek database.

• Application Logic, yaitu suatu bagian dari dalam aplikasi, yang akan menggunakan suatu controller ataupun bagian dari Route.

• Reverse Routing, Reverse Routing ini akan ikut mengartikan suatu relasi ataupun suatu hubungan antara Link ataupun Route.

• Restful Controller, yaitu yang memisahkan suatu logika dalam melayani HTTP GET dan juga POST.

• Class Auto Loading, yaitu yang menyediakan dan menyiapkan suatu loading otomatis untuk kelas PHP.

• View Composer, merupakan kode unit logikal yang nantinya dapat kalian eksekusi saat view sedang loading.

• IoC Container, yaitu memunkinkan banyak obyek yang baru dan akan dihasilkan dengan cara pembalikkan controller.

• Migration, yaitu yang menyediakan dan menyiapkan semua sistem kontrol untuk skema database.

• Unit Testing, melakukan banyak testing guna mendeteksi dan juga akan mencegah suatu regresi.

• Automatic Pagination, yang menyederhanakan suatu tugas dari dalam penerapan suatu halaman.

Laravel memiliki 2 Fitur Unggulan

keunggulan laravel

1. Composer

Yaitu salah satu tool yang di dalamnya memiliki dependencies dan juga sekumpulan library. Semua dependencies yang juga akan disimpan dengan menggunakan suatu format file composer.json dan sehingga nanti akan ditempatkan di suatu folder yang paling utama yang ada di website.

Composer maka terkadang akan dikenal dengan dependencies management. Tentu kalian bertanya-tanya apa itu dependencies management, nah untuk visualisasinya, misalkan kalian mempunyai sebuah website yang sangat membutuhkan library. Library ini digunakan untuk mengimplementasikan validasi dan juga memproteksi guna spamming, dengan menggunakan Google reCaptcha.

Dan untuk memiliki Google reCaptcha maka kalian tentu saja tidak bis amelakukan hanya dengan menggunakan satu library saja, namun kalian membutuhkan banyak library. Composer ini lah yang sangat berguna dan akan sangat dibutuhkan oleh library Google reCaptcha.

Apabila kalian menggunakan composer maka kalian hanya tinggal menginstall library Google reCaptcha dan nantinya library lain akan secara otomatis terunduh. Dna juga apabila kalian ingin mengubah library, maka kalian hanya cukup untuk menggunakan “$ Compose Update” dan tentu saja library kalian akan diubah dengan otomatis.

2. Artisan

Artisan adalah command line interface yang mempunyai segala cakupan dan sekumpulan perintah yang dapat membantu kalian dalam membangun suatu website ataupun suatu layanan aplikasi web.

Suatu kumpulan perintah Artisan yang termasuk ke dalam suatu penggabungan dengan menggunakan framework Symphony yang nantinya akan menghasilkan suatu fitur add-on di dalam Laravel 5.8, apabila dengan adanya fitur add-on tersebut maka kalian juga dapat menambahkan banyak macam fitur yang terbaru ke dalam Laravel.

Mengapa Laravel adalah Pilihan yang Tepat untuk Para Pemula?

cara install laravel

Kalian masih memikirkan bahwa dengan menggunakan Laravel akan menyulitkan kalian dalam membuat suatu aplikasi web? Atau masih takut dengan penggunaan yang salah? di dalam artikel ini kami akan meyakinkan kalian mengapa kalian harus menggunakan Laravel, berikut penjelasannya di bawah!

• Tampilan Layout akan Lebih Ringan.

Laravel nantinya akan menyediakan suatu template layout yang sangat ringan dan akan lebih mudah untuk dipahami, selain itu juga terdapat fitur guna meng-add template tambahan yang sangat ringan.

Para developer juga bisa membuat dan juga melakukan suatu pengembangan dengan menggunakan layout yang sangat berkekuatan penuh. Tampilan layout ini bisa kalian tambahkan berbagai macam fitur diantaranya adalah dengan menambahkan berbagai macam CSS, gambar, ataupun teks yang mempunyai struktur kode yang di dalamnya sangat lengkap.

Template layout mempunyai suatu peranan yang nantinya akan sangat penting yang ada di dalam semua aplikasi. Di dalam aplikasi Laravel tersebut juga mempunyai mesin yang nantinya akan mempunyai banyak bagian yang di dalamnya dapat memproses dalam membuat suatu template.

• Banyak Library Object Oriented

Yaitu suatu framework Laravel yang juga mempunyai library object oriented yang banyak dan bahkan sangat banyak. Dan setelah itu, Laravel juga memiliki berbagai macam library yang tidak ada di dalam framework PHP yang populer lainnya.

Salah satu library tersebut yang paling penting yaitu library otentifikasi. Kalian juga akan memerlukan library guna menggunakan fitur otentikasi yang sangat canggih nantinya. Di dalam Laravel tersebut juga menyediakan suatu Bcrypt hashing yang juga suatu fitur yang sangat canggih di dalam bidang otentifikasi.

• Support Framework MVC

Laravel merupakan salah satu dari sekian banyaknya framework yang akan mendukung MVC, dan MVC ini dapat menanggung hampir seluruh bagian dari aplikasi Laravel. Di dalam MVC ini kalian dapat memisahkan logika dan juga tampilan aplikasi yang nanti akan kalian buat,

dan yang menjadi nilai plus MVC ini adalah performa yang sangat optimal, lalu juga penyiapan dokumentasi yang sangat lengkap, dan juga berbagai macam aplikasi tambahan lainnya yang terdapat di dalam framework Laravel.

Baca Juga  Bingung Pilih Kursus Web Master Serpong? Codeva Solusinya

• Menyediakan Tool berupa Artisan

Laravel sendiri mempunyai tool Artisan yang nantinya too tersebut berupa command line. Fungsi utama Artisan tersebut merupakan tugas repetisi dna juga memproses pemrograman yang nantinya akan bersifat kompleks, dan terkadang bisa mengabaikan selama proyek tersebut berjalan.

Dengan adanya Artisan, para developer nantinya akan bisa membuat dan juga melakukan suatu migrasi atau perpindahan database dengan singkat.

• Pembagian Modul dengan Cara Mandiri

Dengan menggunakan satu aplikasi Laravel maka nantinya akan menggunakan lebih dari 20 modul library dan dari setiap modul tersebut nantinya akan dibagi lagi menjadi beberapa modul. Modul tersebut dengan mandiri, nantinya akan mengadopsi beberapa prinsip PHP modern dan juga menjaga beberapa fungsi penting dari dalam aplikasi Laravel.

Modul yang nanti dibuat juga akan menjadikan aplikasi tersebut lebih informatif, dan juga responsif.

• Pengecekan Menggunakan Suatu Unit Testing

Dalam proses pembuatan aplikasi Laravel maka terkadang nantinya akan menggunakan konsep berupa “Unit Testing”. Dengan adanya bantuan Unit Testing, dengan jumlah pengetesan yang mempunyai jumlah banyak, juga bisa dilakukan dengan tujuan untuk memastikan apakah ada suatu perubahan yang baru dan dapat dibuatkan oleh sang developer tanpa harus nantinya merusak semua atau satu pun dari fungsi aplikasi dan juga membuat suatu aplikasi yang lebih responsif.

Cara Menginstall Laravel di Windows

tutorial laravel

Nah bagi kalian yang sudah sangat menunggu-nunggu untuk langsung terjun belajar bagaimana cara Laravel berjalan maka saat ini kami akan memberikan tutorial cara install Laravel, untuk mendapatkan Laravel di Windows kalian, maka pastikan bahwa di dalam Windows kalian nantinya harus sudah mempunyai aplikasi pendukung seperti Xampp, dan Composer.

Apabila kalian sudah mengunduh XAMPP dan juga Composer, kalian bisa memulai ke tahap selanjutnya yaitu proses instalasi Laravel yang ada di Windows. Di bawah ini adalah cara install Laravel dengan Windows :

• Masuk ke Command Prompt

• Lalu kalian masuk lagi ke folder XAMPP

• Selanjutnya kalian memulai proses unduhan Laravel

• Lalu kalian bisa langsung mengecek unduhan Laravel di dalam web browser

a) Masuk ke dalam Command Prompt

Klik Win + R, lalu kalian ketik cmd dan langsung Klik OK.

b) Masuk ke Folder XAMPP

Sebelum nantinya kalian unduh Laravel, maka kalian harus mengarahkan Prompt atau terminal tersebut untuk bisa di dalam direktori file server. Lokasi file tersebut juga harus berada di dalam direktori XAMPP ataupun htdocs. Selanjutnya kalian juga memasukkan perinta ini ke dalam jendela Command Prompt untuk nantinya bisa masuk ke dalam direktori htdocs.

c) Mulai Proses Pengunduhan Laravel

Apabila kalian sudah masuk ke dalam direktori htdocs, maka selanjutnya kalian harus membuat request guna mengunduh file Laravel yang sudah disediakan di dalam repositori Github. Kalian bisa menggunakan satu perintah dibawah ini untuk melakukan permintaan.

composer create-project –prefer-dist laravel/laravel nama_projectmu

Apabila perintah tersebut sudah benar dan berhasil untuk digunakan, maka selanjutnya Composer akan memulai untuk melakukan suatu proses pengambilan data,

dan juga pengunduhan Laravel ke dalam direktori yang sudah kalian tentukan sendiri. Jangan lupa koneksi internet yang tinggi dan cepat menjadi salah satu penunjang dalam keberhasilan proses pengambilan data dari Laravel tersebut.

d) Cek Unduhan Laravel di dalam Web Browser,

Apabila proses pengunduhan tersebut sudah selesai, maka selanjutnya terdapat suatu folder baru di dalam direktori file server yang sangat sesuai dengan nama project yang sudah kalian tentukan di dalam folder/xampp/htdocs.

Apabila kalian sudah melihat bahwa Laravel sukses di unduh dan juga sudah siap untuk digunakan, maka selanjutnya kalian mengarahkan Command Prompt menuju direktori yang nantinya sudah kalian buat sebelumnya. Selanjutnya, kalian tinggal masukkan perintah ke dalam Command Prompt.

Jika sudah muncul bacaan Laravel Development Server Started di dalam Command Prompt, maka kalian selanjutnya kalian bisa membuka link yang sudah ada di dalam Laravel. Secara Default, kalian nantinya akan diarahkan menuju salah satu alamat server, yaitu 127.0.0.1:8000.

Dan selanjutnya akan muncul suatu tampilan homepage dengan tulisan Laravel yang menandakan bahwa proses unduhan tersebut sudah berhasil, kalian tinggal hanya belajar memahami dan mempraktekkan langsung bagaimana penggunaaan tersebut.

4 Tips Belajar Laravel dengan Mudah dan Cepat

belajar laravel

Bagi kalian yang ingin belajar Laravel dan kalian menginginkan untuk bisa ahli di bidang tersebut, maka terdapat banyak hal-hal yang harus kalian perhatikan dan pelajari. Berikut tips belajar Laravel :

1. Pelajari PHP Dasar, OOP Composer dan Juga Terminal.

Beberapa mungkin menjadikan salah satu hal ini merupakan hal yang sangat sepele namun pada kenyataannya dengan mempelajari Laravel tanpa kalian belajar PHP dasar terlebih dahulu, maka kalian sama saja belajar motor namun belum belajar atau bahkan menguasai sepeda.

Apabila kalian ingin mempelajari sebuah framework PHP modern, kalian harus mengetahui apa itu PHP.

Dan tentunya yang paling penting adalah dengan konsep pemrograman yang sangat berorientasi mengenai objek ataupun OOP. Dan dengan semua framework yang sudah ditulis dengan konsep OOP dan kalian juga perlu mempunyai kemampuan dalam kepekaan tentang konsep objects, properties, methods, dan lain sebagainya.

Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan composer yang nantinya akan menjadi salah satu tools yang sangat membantu kalian dalam manajemen yang akan kalian gunakan.

Pengetahuan mengenai komposer yang nantinya akan membantu kalian dalam, membantu lebih kompeten dalam menggunakan Laravel, hal tersebut nantinya merupakan salah satu bagian yang penting yang ada dari salah satu pengembangan PHP yang modern. Kalian juga harus mengetahui mengenai terminal untuk OS Windows

2. Jangan Lupa Membeli Buku, Mengikuti Kursus, ataupun Menonton Video Tutorial

Nah untuk hal yang satu ini untuk memahami sesuatu tentu saja kalian mempunyai kemampuan yang berbeda-beda tergantung dengan bagaimana cara kalian belajar selama ini. Ada beberapa orang yang lebih senang membaca dan dengan membaca semua pelajaran akan mudah di pahami.

Ada juga orang yang gemar untuk belajar secara private dengan guru atau tutor nya secara langsung. Ada pula orang yang senang untuk belajar hanya otodidak, dan tidak memerlukan untuk bertemu dengan orang lain. Semua hal tersebut sangatlah bagus.

Dan dengan metode belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa apapun metode belajarnya asalkan orang tersebut berniat dengan sungguh-sungguh maka kalian akan diberikan kemudahan. Kalian harus memastikan bahwa apabila kalian ingin mempelajari hal tersebut maka kalian harus menggunakan sumber yang nantinya lengkap.

Dan juga terstruktur, maka nantinya kalian bisa memberikan hasil yang kalian inginkan. Apabila kalian sulit untuk mengetahui dan memahami pertama, maka selanjutnya kalian akan terbebani untuk memahami part selanjutnya.

3. Belajar Menggunakan Google dan StackOverflow

Hal ini sebenarnya tidak berhubungan langsung dengan Laravel namun, hal tersebut merupakan suatu hal yang sangat penting. Kalian juga bisa memanfaatkan Google untuk nantinya kalian bisa mendapatkan semua jawaban dari masalah-masalah yang sedang kalian hadapi.

4. Cari Guru yang Ahli

Masalah yang paling besar dalam mempelajari pemrograman yaitu saat kalian mengalami masalah, kalian juga bisa langsung meminta orang lain untuk bisa membantu dengan cara melihat atau menanyakan di dalam suatu forum ataupun kalian juga langsung bisa menanyakan hal tersebut dengan bertanya kepada orang yang sudah sangat berpengalaman dalam Laravel dan program lainnya.

Kalian bisa juga untuk mencari para mentor yang sudah berpengalaman dalam bidang tersebut. Apabila kalian tidak mempunyai uang lebih untuk menyewa seorang tutor maka kalian bisa dengan cara mencari teman kalian yang sudah berpengalaman di bidang IT dan kalian bisa meminta untuk dibantu belajar Laravel.

Nah dan yang terpenting dari semua adalah apabila kalian serius untuk mempelajari Laravel dan serius dalam menggeluti apapun hal tersebut, maka kalian harus tahan banting dan harus tidak gampang menyerah. Pasti kalian juga sudah mengetahui apa itu Laravel,

bagaimana cara mempelajari Laravel dan bagaimana cara menginstall Laravel untuk pemula. Tentu dengan adanya artikel ini, maka besar harapan kami bahwa kalian semua dapat belajar Laravel dengan mudah. Sekian informasi yang kami berikan, semoga bermanfaat!

×