Hotline : ‎0811 9720 2000 info@codeva.co.id
Select Page

Pengertian Algoritma – Algoritma sangat familiar bagi kita apalagi sebagian besar kita tentu saja pernah mendengar istilah algoritma bahkan pernah mempelajari algoritma di saat kita masih bersekolah.

 

Bagi kalian yang berkuliah dengan jurusan IT, Komputer dan yang berhubungan dengan bahasa pemrograman sudah definisi algoritma pemrograman bukan hal yang asing lagi, bahkan mereka juga biasanya mempunyai mata kuliah yang sangat berhubungan dengan pemrograman, contohnya adalah mata kuliah untuk jurusan informatika, teknik elektro, sistem informasi, dan lain-lain.

 

Pengertian Algoritma

 

algoritma adalah

 

Namun ternyata, pengertian algoritma dan pemrograman tersebut berbeda. Tapi banyak orang yang masih menyamakan bahwa algoritma dan pemrograman itu adalah sama. Apabila kalian berniat untuk mempelajari tentang algoritma pemrograman maka tentunya kalian akan mengetahui pengertian algoritma, dan kalian juga bisa membedakan istilah-istilah tersebut

 

Melihat dari Oolish Blog UNS, dikatakan bahwa pengertian dari algoritma itu sendiri adalah urutan dari langkah-langkah logis berupa penyelesaian dari sebuah masalah yang bisa disusun dengan logis dan tentu saja sistematis.

 

Semua hal yang di lalui dengan algoritma harus logis dan tentu saja harus jelas. Jelas dalam maksud ini adalah mempunyai penilaian yang benar dan yang salah, dan tidak mempunyai nilai netral atau biasa kita sebut “tengah-tengah”.

 

Algoritma tetap berkaitan erat dengan langkah-langkah dalam setiap melakukan pekerjaannya, dan dari hal tersebut kalian nantinya akan melihat proses dari hasil kerja yang sudah kalian kerjakan.

 

 

Algoritma ternyata mempunyai beberapa pertimbangan diantaranya adalah benar, baik, dan efisien. Dalam hal ini benar dapat diartikan sebagai tidak salah. Sebagus dan seoptimal apapun algoritma yang ada namun apabilasalah maka semua itu menjadi sia-sia dalam arti lain jika terdapat kesalahan di suatu program kalian maka akan salah semua.Algoritma harus memiliki efisiensi dari waktu dan memori dan tidak dianjurkan algoritma tidak diperbolehkan menghabiskan waktu dan tentunya banyak tempat.

 

Untuk mengetahui perbedaan algoritma dengan program mari kita pelajari bersama-sama. Pengertian program adalah banyak kumpulan pernyataan yang ada di komputer. Nah, untuk metode tahapan yang lebih sistematis di dalam suatu program adalah algoritma. Nah, pada dasarnya program adalah implementasi dari banyak bahasa pemrograman.

 

Program dapat diartikan sebagai algoritma yang dapat ditambah dengan bahasa atau beberapa struktur data. Ciri-ciri dari sebuah program yang baik, yaitu mempunyai struktur data yang naik. Nah, sebaliknya jenis struktur data yang buruk apabila algoritma yang baik tetap tidak bisa membuat data program yang baik.

 

Definisi dari algoritma tersebut kita awali dengan pengertian algoritma yang didapatkan dari ilmuan timur tengah yang ada di jaman peradaban islam yang bernama Abu Jafar Muhammad Ibnu Musa Al-Khwarizmi sekitar tahun 780-850 Masehi, sesuai diambil dari bahasa, algoritma adalah perhitungan yang ada di dalam angka arab.

 

Algoritma yaitu dapat diartikan sebagai langkah-langkah yang sistematis dan tentu saja yang logis disaat menyelesaikan masalah. Melalui konsep algoritma maka banyak permasalahan yang dapat diselesaikan secara lebih sistematis, masuk akal, dan dapat diuji untuk menguji tentang kebenaran atau kesalahan yang ada di algoritma tersebut.

Baca Juga  Codeigniter Adalah: Manfaat, Kelebihan dan Strukturnya

 

Dikarenakan pengertian algoritma adalah suatu konsep, yang setiap orang bisa memiliki algoritma yang berbeda-beda mengenai masalah yang sama. Misalnya adalah terdapat beberapa permasalahan yang dapat kita jabarkan dengan “X” dan mempunyai solusi yang dapat dijabarkan sebagai “Y”, maka dari itu setiap orang bisa mendapatkan hasil Y melalui algoritma dari mereka semua. tidak sama namun tetap menghasilkan output yang sama.

 

Dalam mempraktekkan dalam menerapkan algoritma yang lebih efisien. Dalam artian harus cepat, dan simple. Apabila ingin membuat software komputer yang bagus maka algoritma yang digunakan haruslah yang tidak memiliki banyak bugs dan tentunya tidak memakan banyak memori yang tidak terlalu diperlukan.

 

Penyajian yang ditampilkan oleh algoritma pada umumnya adalah berbentuk Pseudocode, Flowcart, dan banyak diagram.

 

Pemrograman yaitu salah satu proses yang dapat membuat sebuah program algoritma dan bahasa pemrograman, apabila kalian menginginkan untuk membuat sebuah software maka hal tersebut dapat dibuat hanya apabila kalian membuat program tersebut dengan algoritma dan tentunya bahasa pemrograman.

 

Syarat – Syarat Algoritma

 


apa itu algoritma 2600 Migu algoritma pemrograman

 

Lalu, terdapat standar atau beberapa indikator yang bisa menyatakan baik dan buruk dari sebuah algoritma, yaitu terdapat syarat dari sebuah algoritma yang akan dikatakan baik, yaitu :

 

1. Algoritma yang harus dilakukan secara efisien disaat proses dapat diselesaikan secepat yang dilakukan, dengan frekuensi perhitungan yang sangat pendek atau dapat dikatakan tidak mempunyai sumber daya yang boros.

 

2. Algoritma dapat dikatakan baik apabila dapat dengan mudah dilakukan implementasi perangkat di dalam komputer.

 

3. Lalu juga harus mempunyai algoritma yang bisa dipahami, hal tersebut dapat ditandakan bahwa algoritma tersebut baik. Maka siapapun dapat dengan mudah mengerti algoritma tersebut. Salah satu hal yang mempengaruhi dampak buruk dari algoritma tersebut adalah kesulitan dalam mengelola algoritma tersebut.

 

4. Tingkat akurasi yang tinggi dimana algoritma tersebut harus digunakan dengan profesional apabila algoritma tersebut memiliki hasil yang akurat maka dapat dikatakan bahwa algoritma tersebut sangat baik.

 

 

5. Algoritma yang berjalan dengan baik yaitu yang bersifat umum dan tidak membatasi bahwa hanya 1 bidang yang spesifik. Jika memang algoritma tersebut sudah bisa bersifat umum maka algoritma itu mempunyai kelebihan dalam menyelesaikan masalah dan tentu saja sangat bermanfaat di banyak bidang.

 

6. Algoritma yang memiliki langkah-langkah yang detail dan jelas, yang dapat diartikan bahwa proses tersebut bisa benar dan sangat lengkap dimana dengan banyak penjelasan yang disuguhkan, dan sangat memiliki kepastian yang detail.

 

7. Algoritma yang memiliki kualitas juga harus mempunyai kemampuan untuk di kembangkan. Bahkan bentuk algoritma yang sederhana mungkin pun harus dapat mengembangkan algoritma tersebut agar nantinya hasil tersebut dapat dikategorikan bahwa algoritma tersebut memiliki kualitas yang lebih tinggi dan tentunya lebih baik.

Baca Juga  Income Share Agreement Codeva Solusi Finansial untuk Belajar

 

Langkah – Langkah Algoritma Pemrograman

 

definisi algoritma

 

Terdapat juga langkah – langkah yang akan digunakan dalam membuat pemrograman yang general/umum, diantaranya adalah :

 

● Mendefinisikan Masalah dengan baik

 

● Dapat Mengumpulkan kebutuhan-kebutuhan yang akan dibutuhkan (requirement)

 

● Membuat Algoritma dan tentunya membuat struktural dari cara penyelesaian pemrograman tersebut.

 

● Menulis program yang diinginkan dengan menggunakan bahasa yang sudah pasti yaitu mempunyai bahasa pemrograman.

 

● Melakukan testing program yang akan digunakan dan tentunya membuat struktur cara penyelesaian program tersebut.

 

● Mengimplementasi dan peng-install-an program yang akan dibuat.

 

● Melakukan dokumentasi program yang akan dilakukan.

 

● Memelihara program yang akan dibuat agar nantinya program tersebut dapat terjaga, dan aman.

 

Kalian bisa menggunakan bahasa pemrograman apa saja yang kalian mau dan kalian ingin kuasai. Tetapi, tidak akan semua bahasa dari pemrograman yang sangat cocok dengan memberikan permasalah yang tidak dan yang ada, namun kalian harus tetap saja mencari tahu dimana yang cocok dan yang tidak sembarangan dalam kata yaitu menyesuaikan kebutuhan yang kalian inginkan.

 

Contoh membuat aplikasi android yang bisa kita pilah pilih dalam bahasa pemrograman Java, bagi APP IOS menggunakan Swift dan Objective-C, apabila kalian ingin untuk membuat website maka bisa menggunakan PHP atau Javascript, apabila kalian ingin untuk membuat games maka kalian bisa menggunakan C Plus Plus, dan sebagainya.

 

Hanya saran apabila kalian ingin membangun aplikasi atau biasa disebut dengan (Software Engineering), maka metode yang akan digunakan pada umumnya adalah Waterfall, Agile, Scrum, Extreme Programming dan lain sebagainya.

 

Ciri – Ciri Algoritma

 

pengertian algoritma

 

Algoritma mempunyai ciri-ciri khusus yang bisa membedakan satu teknik dengan teknik pemrograman lainnya dalam menyelesaikan masalah saat akan menggunakan metode lainnya. Berikut Ciri-ciri nya :

 

● Apabila algoritma sedang mengerjakan sebuah langkah yang mempunyai sifat yang terbatas maka ia harus menghentikan apa yang sedang ia kerjakan.

 

● Mempunyai nilai nol “0” ataupun lebih.

 

● Harus bersifat efektif, dalam artian harus bersifat sederhana agar nantinya bisa langsung dikerjakan dalam waktu yang sesingkat mungkin.

 

● Beberapa langkah yang biasanya disusun kalian harus bisa mengartikan dengan tepat dan tidak menimbulkan ambigu.

 

● Mempunyai nilai 0 ataupun lebih.

 

● Memiliki kelebihan dan tentu saja kekurangannya.

 

Macam – Macam Algoritma

 

macam macam algoritma

 

Secara general / umum terdapat beberapa macam – macam algoritma menjadi 3 algoritma dari bentuk asalnya, yaitu :

 

● Algoritma Sekuensial

 

Algoritma di jenis ini adalah sebuah perintah yang dapat tersusun dengan sistematis dan berurutan yang nantinya muncul beberapa instruksi. Dari banyaknya perintah yang ditampilkan, perintah tersebut harus dikerjakan dengan berurutan dan tentunya berkaitan dengan menyesuaikan urutan yang ada di dalam penulisannya. Dalam kata lain, apabila ingin melakukan hal yang lain maka hendaknya harus menyelesaikan instruksi sebelumnya dan yang sudah selesai.

● Algoritma Percabangan

 

Baca Juga  Framework Adalah: Fungsi, dan 5 Jenis Framework Terbaik

Di dalam algoritma percabangan ini yaitu suatu perintah yang bisa digunakan guna bisa memilih salah satu dari beberapa pilihan yang ada. Algoritma yang ada juga bisa dinamakan algoritma pemilihan.

 

Terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam menerapkan algoritma dalam jenis ini, yaitu dalam memilih berbagai instruksi yang bisa dilakukan jika nantinya kondisi tersebut sudah terpenuhi. Maka hal tersebut diartikan bahwa hasil yang didapatkan menjadi hasil yang benar atau true

 

Apabila solusi yang didapatkan sudah mendapatkan true, lalu selanjutnya perintah yang lain bisa kalian kerjakan atau kalian laksanakan. Sebaliknya, apabila solusi tersebut salah maka nantinya perintah yang lain tidak akan bisa dilakukan.

 

 

● Algoritma Perulangan

 

Yaitu suatu perintah atau instruksi yang bisa digunakan dalam mengulang beberapa banyak perintah. Pengulangan tersebut dapat dilakukan dengan cara berulang-ulang kali dengan memperhitungkan syarat yang sudah ada di dalamnya.

 

Algoritma perulangan merupakan sebuah instruksi yang digunakan untuk mengulang deretan instruksi. Pengulangan tersebut dilakukan secara berulang-ulang sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan.

 

Terdapat beberapa 32 algoritma namun hanya ada beberapa algoritma paling umum digunakan di dalam dunia komputer :

 

● Pencariam Beam

 

Yaitu algoritma yang bisa mengoptimalkan banyak pencarian terbaik. Sebagaimana pencarian terbaik, dalam pencarian ini menggunakan fungsi heuristic dalam mengevaluasi node yang dapat di periksa.

 

● Pencarian Binary

 

Mengesampingkan minimal setengah data dalam setiap langkah dalam menentukan nilai tertentu.

 

● Kompresi Data

 

Merupakan encoding suatu informasi dengan menggunakan bit yang bisa lebih sedikit dibandingkan merepresentasi tanpa menggunakan encoding yang lebih spesifik.

 

Nah bagaimana, sudah jelas bukan penjelasan tentang apa itu algoritma dan pemrograman, mulai dari pengertian , ciri – ciri, syarat, langkah dan macam-macam dari algoritma.

 

Algoritma yang penting dalam pemrograman perlu dipelajari lebih lanjut jika kamu ingin menjadi seorang programer.

 

Tapi ada cara mudah untuk mempelajarinya yaitu di Codeva Academy dengan mengambil kelas full stack development. Kamu bisa belajar langsung untuk membuat web atau aplikasi mobile dengan cara yang lebih mudah. Yuk ikuti kelasnya. 

 

×